Manfaat Ekstra Green Coffe

Ekstrak biji kopi hijau, atau yang dikenal sebagai green coffee, diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk klaim untuk menurunkan berat badan. Green coffee adalah biji kopi yang belum mengalami proses pemanggangan, sehingga warnanya tetap hijau alami sebelum berubah menjadi cokelat melalui pemanggangan.

Biji kopi mengandung antioksidan dan senyawa aktif, seperti asam klorogenat dan kafein, yang diyakini bertanggung jawab atas berbagai manfaat kesehatannya. Sayangnya, proses pemanggangan dapat mengubah susunan kimia biji kopi, termasuk mengurangi kandungan nutrisinya, terutama asam klorogenat yang dianggap hilang pada suhu tinggi.

Banyak orang meyakini manfaat green coffee karena nutrisinya dianggap masih utuh, berbeda dengan biji kopi yang telah dipanggang. Beberapa manfaat yang diklaim dari biji kopi hijau meliputi mencegah atau mengontrol diabetes, menjaga tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Asam klorogenat dalam green coffee diketahui membantu mengatur glukosa dan insulin, yang dapat mendukung pengelolaan diabetes tipe-2. Ekstrak green coffee juga dikaitkan dengan pengurangan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, kandungan kafein dan asam klorogenat dianggap berkontribusi pada penurunan berat badan, dengan beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak green coffee dapat mengurangi penyerapan karbohidrat dan memfasilitasi penurunan berat badan.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa efek jangka panjang dari ekstrak green coffee masih belum diketahui dengan pasti karena penelitian terbatas. Efek samping yang mungkin muncul umumnya disebabkan oleh kandungan kafein, seperti sakit kepala, sakit perut, dan kecemasan. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak green coffee, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

You might also like

More Similar Posts

Menu