Ma’ruf Amin Ungkap 605 Kiai dan Ulama Wafat Selama Pandemi

Wakil Presiden republik Indonesia Ma’ruf Amin mengungkap sebanyak 605 kiai, ulama, dan para pengasuh pondok pesantren di Indonesia meniggal dunia selama pandemi Covid-19. Catatan tersebut didapat dari data Kementerian Agama.

“Sudah ada 605 orang kyai dan ulama serta pengasuh pesantren yang dipanggil untuk kembali menghadap Allah. Selain itu, cukup banyak santri terpapar virus Covid-19 di lingkungan pesantren selama pandemi menerpa Indonesia,” urai Ma’ruf saat berpidato di acara peluncuran program ‘Kita Jaga Kiai’ secara virtual, pada Senin (2/8/2021).

Ma’ruf menyiah, wafatnya ara kiai dan ulama sebagai musibah yang tak dapat tergantikan. Ia menyampaikan sebuah hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani bahwa meninggalnya para kiai dan ulama ibarat bintang yang padam.

Menurut Ma’ruf, para kiai dan ulama sudah banyak berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan agama bagi para santri maupun masyarakat sekitarnya.

“Mentransformasikan ilmu dan peradaban, menjaga, mendidik dan melakukan berbagai perbaikan di segala bidang aqidatan, fikratan, ibadatan, muámalatan, wa akhlaqiyatan,” ungkap Ma’ruf.

Di sisi lain, Ma’ruf juga menegaskan bahwa pemberlakuan PPKM Level 4 yang diterapkan saat ini semata-mata kebijakan pemerintah dalam mengupayakan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Semoga PPKM yang kita jalani ini benar-benar berdampak positif dalam rangka menurunkan tingkat penularan sehingga secara bertahap kehidupan sosial ekonomi mayarakat dapat kembali seperti sedia kala,” pungkas Ma’ruf.

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu