Mas Vino DPR Upayakan Penataan Masjid Tua di Semarang

Anggota Komisi V DPR RI Fraks PDI Perjuangan Mochama Herviano Widyatama merespons penataan masjid tua di Semarang.

Pria yag akrab disapa Mas Vino, menyebutkan Semarang memiliki sejarah panjang agama dan budaya Islam di tanah Jawa sehingga nilai historisnya harus dirawat sebaik-baiknya. Salah satunya, Masjid Baiturrahman yang berdiri sejak 1974.

Mas Vino berharap, Masjid Baiturrahman bisa menjadi sentra ikonik Semarang dan mengembalikan wujud bangunan aslinya sesuai kaidah cagar budaya.

Politikus PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah I menyatakan, penataan bangunan Masjid Baiturrahman harus membuat jemaah merasa bangga sebagai warga Kota Semarang. Mas Vino juga berharap, selain menjadi pusat beribadah, Masjid Baiturrahman juga menjadi tempat singgah pengguna jalan.

“Iya (penataannya) harus sesuai dengan NSPK bangunan gedung dan kaidah penataan cagar budaya. Kalau bagus, kenyamanan ibadah meningkat dan masjid ini akan menjadi kebanggaan warga muslim Semarang,” ungkap Mas Vino, pada Kamis (2/9/2021).

“Pemugaran Kawasan Pusaka Masjid Raya Baiturrahman ini nantinya juga bisa bermanfaat untuk mendongkrak ekonomi masyarakat lewat wisata religi cagar budaya,” pungkasnya.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu