Mengatasi Penyakit Biduran

Saat musim hujan, biasanya biduran atau urtikaria akan lebih sering muncul. Simak metode cepat mengatasi biduran berikut ini. Urtikaria adalah kondisi ruam kulit yang menyebar ke seluruh tubuh dan seringkali menyebabkan bintik-bintik merah dengan rasa gatal.

Ketika terasa sangat gatal akibat biduran, penderita biasanya mencari cara untuk menghilangkan gejala tersebut secara cepat sebelum menggunakan obat-obatan. Sebelum mencoba obat-obatan, penting untuk diketahui bahwa biduran dapat diatasi secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Biduran umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Namun, jika gatalnya sangat mengganggu, segera cari bantuan medis. Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan biduran dengan cepat:

1. Gunakan gel lidah buaya: Gel dari tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan sering digunakan untuk mengobati iritasi kulit serta meredakan rasa gatal. Pastikan tidak ada alergi sebelum mengoleskannya pada kulit yang mengalami biduran.

2. Terapkan kompres dingin: Kompres dingin selama 10 menit atau lebih dapat mengurangi rasa gatal pada kulit yang mengalami biduran. Gunakan kain waslap berisi es batu atau handuk yang telah direndam dalam air dingin.

3. Hindari alergen: Biduran sering kali disebabkan oleh kontak dengan alergen atau iritan seperti serbuk sari tanaman, bulu hewan, gigitan serangga, zat kimia makanan, stres, perubahan suhu, dan lainnya. Hindari kontak dengan hal-hal yang berpotensi memicu biduran, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi.

4. Mandi dengan larutan oatmeal: Mandi dengan air yang mengandung oatmeal dapat meredakan gatal-gatal biduran karena oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi. Campurkan satu cangkir oatmeal ke dalam air dan gunakan campuran tersebut untuk mandi selama 10-15 menit.

5. Kenakan pakaian longgar: Pilih pakaian yang longgar dan berbahan lembut untuk menghindari gesekan dan tekanan yang dapat memperparah gatal pada kulit yang mengalami biduran.

6. Hindari paparan sinar matahari langsung: Sinar matahari dapat memperparah biduran, khususnya pada siang hari. Hindari paparan langsung dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

7. Jaga tubuh tetap dingin: Jaga tubuh tetap dingin dengan menghindari terlalu lama terpapar sinar matahari. Cari tempat sejuk jika mulai merasa kepanasan dan kenakan pakaian longgar.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi biduran dengan cepat. Jika gejala biduran tidak membaik, segera konsultasikan dengan dokter.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu