Mengenal Nebulasi

Menurut Profesor Dr. dr. Bambang Supriyatno, seorang ahli kesehatan dari RSCM, nebulisasi atau terapi inhalasi tidak memberikan manfaat pada infeksi saluran pernapasan akut bagian atas, seperti pilek atau flu. Pilek adalah infeksi umum yang menyerang hidung dan tenggorokan, yang cenderung tidak berbahaya, dan biasanya sembuh dalam dua minggu.

“Terjadi kesalahan pemahaman bahwa semua jenis batuk harus diobati dengan nebulisasi. Namun, nebulisasi tidak berguna sama sekali jika batuk disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan atas, di luar rongga dada, seperti pilek atau flu,” katanya.

Namun, terapi inhalasi dapat bermanfaat untuk kondisi seperti asma, peradangan pada saluran pernapasan bagian bawah, atau di dalam rongga dada.

“Namun, untuk pneumonia, nebulisasi tidak memiliki peran. Tapi jika seseorang menderita asma atau peradangan paru-paru yang disebabkan oleh virus, maka mungkin ada manfaat dari terapi inhalasi,” tambahnya.

Apakah terapi ini bermanfaat? Terapi inhalasi adalah cara memberikan obat melalui inhalasi ke saluran pernapasan. Metode ini mengubah obat dalam bentuk cair menjadi bentuk aerosol agar mudah dihirup dan masuk ke saluran pernapasan. Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa terapi ini bermanfaat, tetapi ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Penelitian tentang pemberian budesonid melalui inhalasi pada bronkiolitis atau infeksi saluran pernapasan tidak menunjukkan perbedaan signifikan dibandingkan dengan plasebo. Bambang mengatakan bahwa anak-anak dengan batuk dan pilek yang dapat tidur nyenyak, makan dan minum dengan baik, pertumbuhan berat badan yang normal, dan tetap aktif, tidak perlu diobati, kecuali jika diperlukan obat luar seperti balsam atau pelega hidung.

Anak-anak juga tidak memerlukan antibiotik karena sebagian besar batuk dan pilek disebabkan oleh infeksi virus. Terkait dengan penggunaan herbal seperti kunyit atau meniran untuk mengatasi batuk dan pilek pada anak-anak, Bambang mengizinkannya asalkan orang tua mengetahui dosis dan jenis herbal yang diberikan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu