Menurunkan Berat Badan Seiring Bertambahnya Usia

Tidak lagi menjadi rahasia bahwa tubuh mengalami banyak perubahan seiring bertambahnya usia, dan salah satu tantangan utamanya adalah kesulitan menurunkan berat badan. Beberapa penjelasan ilmiah mengapa hal ini sulit dilakukan seiring bertambahnya usia telah diungkapkan. Menurut laporan dari Eat This, beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Perubahan Hormonal: Pergeseran hormon terjadi pada pria dan wanita seiring bertambahnya usia. Menurut Amy Shapiro, pendiri dan direktur Real Nutrition, wanita mengalami penurunan kadar estrogen selama menopause, yang terkait dengan peningkatan lemak perut. Pria juga mengalami penurunan kadar testosteron, yang mempengaruhi distribusi lemak, kekuatan otot, dan massa otot. Selain itu, penurunan hormon pertumbuhan dapat mempengaruhi tingkat metabolisme.
  2. Perubahan Pola Tidur: Rutinitas tidur cenderung berubah seiring bertambahnya usia, dengan durasi tidur yang mungkin lebih lama untuk bisa tertidur dan gangguan tidur yang lebih sering. Kurang tidur dapat memengaruhi sistem kontrol nafsu makan neuroendokrin dan mengubah laju metabolisme.
  3. Kehilangan Otot: Setelah usia 30 tahun, kehilangan massa otot menjadi lebih signifikan. Penelitian menunjukkan penurunan massa otot sebanyak 3-8% setiap 10 tahun setelah usia 30. Kehilangan otot mengakibatkan penurunan pembakaran kalori saat istirahat.
  4. Kurang Gerak: Aktivitas fisik yang kurang dapat menyebabkan kehilangan kekuatan dan stamina otot, yang pada gilirannya dapat mengurangi motivasi untuk berolahraga.
  5. Metabolisme yang Lebih Lambat: Metabolisme melambat seiring bertambahnya usia, dipengaruhi oleh faktor seperti berkurangnya massa otot, gender, dan ukuran tubuh.

Untuk mengatasi kesulitan menurunkan berat badan seiring bertambahnya usia, disarankan untuk tetap aktif secara fisik, menjaga keberagaman pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, lemak sehat, biji-bijian, dan sumber protein. Porsi makan dapat dikendalikan dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, sementara minum air yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi konsumsi kalori ekstra. Evaluasi gaya hidup secara menyeluruh menjadi kunci proaktif dalam upaya menurunkan berat badan seiring bertambahnya usia.

You might also like

More Similar Posts

Menu