Minuman Coklat Panas

Selain susu, minuman cokelat hangat cukup populer sebagai minuman sebelum tidur. Namun, perlu diperhatikan komposisi minuman dan kondisi tubuh sebelum menikmatinya. Beberapa orang menganggap cokelat hangat sebagai pilihan ideal sebagai penenang sebelum tidur karena dianggap mampu memberikan rasa nyaman, terutama saat disajikan dalam keadaan hangat yang dapat mengusir rasa dingin di tubuh.

Namun, apakah aman minum cokelat hangat sebelum tidur?

Menurut Psychology Today, penelitian terbaru menunjukkan bahwa cokelat dapat membantu tikus yang mengalami stres untuk tidur lebih nyenyak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat mengurangi efek kecemasan pada manusia.

Cokelat atau kakao mungkin memiliki potensi untuk mengurangi tanda-tanda stres fisik dan memberikan umpan balik ke otak untuk menenangkan dan memfasilitasi tidur.

Namun, ada pandangan berbeda dari Michael Mosley, seorang dokter dan penulis. Menurutnya, minum cokelat hangat sebelum tidur bukanlah ide yang baik karena cokelat hangat mengandung gula tinggi. Pankreas, yang berfungsi sebagai produsen insulin, perlu beristirahat di malam hari. Konsumsi gula tinggi sebelum tidur dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang terus-menerus sepanjang malam, yang dapat mengganggu tidur dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cokelat hangat sendiri mengandung campuran gula, lemak, dan zat kimia termasuk kafein. Meskipun rasanya mungkin membuat tubuh merasa nyaman, namun tidak ideal untuk rutinitas tidur.

Untuk itu, bagi mereka yang ingin menikmati minuman cokelat, disarankan untuk memilih hot cocoa atau minuman kakao hangat. Bubuk kakao biasanya tidak mengandung bahan pemanis tambahan. Pilih minuman dengan kadar gula dan lemak yang rendah, dan seduh dengan air hangat tanpa tambahan susu, terutama bagi yang memiliki masalah pencernaan seperti GERD.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu