Mobil Toyota Baru

Toyota saat ini tengah melakukan uji coba mobil pikap Toyota Rangga di jalan-jalan Indonesia. Mobil ini didesain dengan menggunakan platform Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV), yang juga digunakan pada model-model seperti Hilux, Fortuner, dan Innova lama.

Menurut Anton Jimmy, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), uji coba ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kendaraan ini di segmen kendaraan niaga.

Anton menjelaskan, “Kami telah melakukan uji jalan. Ini merupakan studi untuk memahami kebutuhan pasar komersial, sebagai kelanjutan dari pameran di GIIAS.”

Komentar Anton ini muncul setelah munculnya foto-foto Toyota Rangga yang dibungkus dengan kamuflase dan tersebar di media sosial. Dalam foto-foto tersebut, terlihat mobil ini menggunakan bak terbuka.

Sementara belum diketahui dengan pasti di mana lokasi foto-foto Toyota Rangga tersebut diambil oleh warganet, keberadaan mobil ini di jalan umum merupakan sinyal bahwa pabrikan ini serius dalam mengembangkan segmen kendaraan niaga ringan di dalam negeri.

Tampilan yang sederhana ini berbeda dengan model konsep yang bervariasi yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada bulan Agustus sebelumnya. Saat itu, Rangga ditampilkan dalam bentuk pikap balap, kendaraan komersial berjalan, dan ambulans.

Uji coba ini mungkin mengindikasikan bahwa Toyota Rangga akan segera melangkah dari konsep menjadi produksi massal.

Pikap ini terinspirasi dari generasi pertama Kijang Buaya dan diberi nama yang mencerminkan budaya Indonesia. Nama “Rangga” sebelumnya telah digunakan pada salah satu varian Kijang Kapsul atau generasi keempat Toyota Kijang pada tahun 1997.

Kedua penggunaan nama “Rangga” ini bersumber dari warisan budaya Indonesia, terinspirasi dari bahasa Jawa yang berarti “Ronggo,” yang menggambarkan sosok Ksatria atau Pahlawan. Sejarah nama “Rangga” ini memiliki konotasi kuat dan tangguh.

Meskipun Anton tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai program uji coba Toyota Rangga, dia juga tidak memberikan informasi tentang tanggal peluncurannya di Indonesia. Namun, berdasarkan informasi yang beredar di GIIAS 2023, peluncuran diperkirakan akan dilakukan pada awal tahun 2024.

Apabila Toyota Rangga sudah berada di pasar Indonesia, kemungkinan besar pikap ini akan bersaing dengan pikap medium yang telah ada di Indonesia, seperti Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu