Motor Mudah Dicuri

Motor menjadi salah satu alat transportasi yang sangat populer di Indonesia. Namun, tingkat keamanan motor sering menjadi perhatian bagi pemiliknya karena angka pencurian yang tinggi. Baru-baru ini, seorang pencuri motor, yang dikenali dengan inisial OA (23), membongkar rahasia mengenai beberapa merek motor yang paling mudah dicuri karena sistem pengamanan yang lemah.

Dalam sebuah video yang diterima oleh Kompas.com pada Rabu (2/8/2023), OA memberikan informasi kepada Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama, tentang jenis motor yang kerap menjadi target incarannya. Beberapa merek motor matik yang paling diincar oleh pencuri, menurut OA, adalah Vario, Beat, dan Scoopy.

“Kalau motor yang sering dicuri itu motor Vario, Scoopy, sama Beat. Karena motor itu pengamanannya sangat mudah ya untuk dijebol, sangat mudah untuk diambil,” ujar OA.

OA mengungkapkan bahwa dia sering menggunakan alat bernama munci leter T yang sudah dimodifikasi untuk membobol lubang kunci motor. Setelah berhasil membuka kunci, dia dengan mudah menggasak motor korban. OA juga menjelaskan bahwa perbedaan antara kunci setang yang diputar ke kiri atau ke kanan hampir tidak mempengaruhi proses pencurian.

Kapolsek Putra Pratama menyoroti pentingnya sistem keamanan motor yang lebih baik guna mencegah kejahatan curanmor yang terus berulang. Dia menyebutkan bahwa beberapa merek motor, termasuk Honda Vario, Honda Beat, Honda Scoopy, Yamaha Mio, dan Yamaha Nmax, menjadi sasaran utama pencuri karena fitur keamanan mereka yang lemah.

Putra juga menekankan bahwa masyarakat sebagai konsumen harus menyadari bahwa motor yang mereka beli memiliki sistem pengamanan standar pabrikan yang sangat lemah. Oleh karena itu, pemilik motor perlu mengambil langkah pencegahan dengan menambahkan kunci ganda SNI, alarm, dan GPS untuk meningkatkan tingkat keamanan motor mereka.

Lebih lanjut, Putra menyatakan bahwa pabrikan sepeda motor juga harus bertanggung jawab untuk memperbaiki fitur keamanan kendaraan mereka secara terus-menerus. Setiap kelemahan yang ditemukan oleh pelaku pencurian harus menjadi peringatan bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan.

Kasus pencurian motor yang terus meningkat menuntut peran aktif dari semua pihak, termasuk pabrikan dan pemilik motor, dalam meningkatkan sistem keamanan. Dengan upaya bersama ini, diharapkan tingkat pencurian motor dapat ditekan, dan masyarakat dapat lebih tenang dan aman dalam menggunakan kendaraan roda dua mereka.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu