Negara Dengan Paspor Terkuat

Terjadi perubahan signifikan dalam peringkat paspor paling kuat di dunia. Untuk pertama kalinya, enam negara menduduki posisi teratas dengan memiliki paspor terkuat di tahun 2024. Warga negara Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, dan Spanyol dapat menikmati kebebasan akses tanpa visa atau visa-on-arrival ke 194 destinasi global. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak Henley Passport Index mulai memantau kebebasan perjalanan global selama 19 tahun terakhir.

Henley & Partners, firma penasihat kewarganegaraan global berbasis di London, menciptakan indeks ini menggunakan data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA). Selama lima tahun terakhir, negara-negara Asia seperti Jepang dan Singapura mendominasi peringkat, tetapi peringkat terbaru menandai keunggulan bagi warga Eropa.

Finlandia, Swedia, dan Korea Selatan menduduki peringkat kedua dengan akses ke 193 destinasi. Sementara itu, Austria, Denmark, Irlandia, dan Belanda berada di peringkat ketiga dengan akses ke 192 destinasi.

Negara-negara seperti Belgia, Luksemburg, Norwegia, Portugal, dan Inggris menempati peringkat keempat, sementara Yunani, Malta, dan Swiss berada di peringkat kelima. Australia dan Selandia Baru naik peringkat menjadi keenam bersama Ceko dan Polandia.

Amerika Serikat, Kanada, dan Hongaria menempati peringkat ketujuh dengan akses bebas visa ke 188 destinasi. Indonesia berada di peringkat 66 dengan kemungkinan akses paspor hanya untuk 78 destinasi.

Christian H. Kaelin, pemimpin Henley & Partners, menyatakan bahwa meskipun kebebasan bepergian secara umum meningkat dalam dua dekade terakhir, kesenjangan mobilitas global antara negara-negara paling atas dan paling bawah semakin melebar. Pada tahun 2024, rata-rata jumlah destinasi yang dapat diakses oleh wisatawan bebas visa meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2006, mencapai 111 destinasi.

Daftar sepuluh besar paspor terkuat di dunia untuk tahun 2024 menurut Henley Passport Index adalah sebagai berikut:
1. Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Spanyol (194 destinasi)
2. Finlandia, Korea Selatan, Swedia (193 destinasi)
3. Austria, Denmark, Irlandia, Belanda (192 destinasi)
4. Belgia, Luksemburg, Norwegia, Portugal, Inggris (193 destinasi)
5. Yunani, Malta, Swiss (190 destinasi)
6. Republik Ceko, Selandia Baru, Polandia (189 destinasi)
7. Kanada, Hongaria, Amerika Serikat (188 destinasi)
8. Estonia, Lituania (187 destinasi)
9. Latvia, Slovakia, Slovenia (186 destinasi)
10. Islandia (185 destinasi)

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu