Nol Emisi Karbon

Kanada baru-baru ini mengumumkan kebijakan yang mewajibkan semua mobil baru untuk tidak menghasilkan emisi karbon pada tahun 2035. Langkah ini diambil untuk menjaga lingkungan dan mengurangi dampak gas buang kendaraan terhadap lingkungan.

Menurut berita dari Reuters, Ottawa, ibu kota Kanada, telah menerapkan regulasi yang disebut Electric Vehicle Availability Standard. Regulasi ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan mobil listrik di Kanada dan mempercepat proses pengadaan kendaraan listrik.

Kendaraan yang tidak menghasilkan emisi karbon, termasuk kendaraan listrik bertenaga baterai, plug-in, dan hibrida, diharapkan akan mencapai 20 persen dari total penjualan mobil pada tahun 2026. Angka tersebut diharapkan meningkat menjadi 60 persen pada tahun 2030 dan mencapai 100 persen pada tahun 2035.

Meskipun perwakilan pemerintah Kanada belum memberikan komentar resmi terkait kebijakan ini, provinsi British Columbia dan Quebec sudah mulai menerapkan target penjualan kendaraan listrik. Saat ini, penjualan mobil listrik global mencapai 13 persen dari total penjualan kendaraan, namun International Energy Agency yang berbasis di Paris memproyeksikan peningkatan signifikan menjadi 40-45 persen pada akhir dekade ini.

Berfokus pada penjualan mobil listrik di Amerika Serikat, Tesla mendominasi pasar dengan menjadi produsen nomor satu pada semester pertama 2023, dengan penjualan sebanyak 325.291 unit. Posisi kedua diisi oleh Chevrolet dengan angka penjualan yang jauh lebih rendah, yaitu 34.943 unit.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu