On Going, Masjid Baiturrahman Dibongkar

Masjid Raya Baiturrahman Semarang kembali dibongkar. Pembongkaran Masjid Baiturrahman bertujuan membuat pintu gerbang dan pagar Masjid Baiturrahman lebih terbuka.

“Sesuai arahan Pak Gubernur Ganjar, pagar yang menghalangi masjid akan dibongkar dan diganti yang lebih terbuka agar masjid lebih terlihat kemegahannya. Apalagi, Pak Ganjar ternyata punya cerita tersendiri dengan masjid itu,” ujar Kepala Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah II (BPPW) Jawa Tengah Kementrian PUPR, Anggoro Putro Rabu (8/9/2021).

Pembongkaran Masjid Baiturrahman yang ditargetkan selesai pada Agustus 2022 mendatang tersebut diberikan anggaran sebesar RP84 miliar.

“Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu ikon Jateng, khususnya Semarang. Namun saat ini mengalami degradasi sehingga memerlukan revitalisasi,” bebernya.

Pembongkaran ini melibatkan Ahli Cagar Budaya supaya Masjid Baiturrahman terlihat elok. Bukan hanya itu, lahan parkir juga akan diperluas sehingga dapat menampung sebanyak 229 sepeda motor dan 54 mobil serta taman yang lengkap dengan air mancur dan kolam.

“Nantinya bangunan utama masih terjaga sebagai bangunan cagar budaya. Renovasi dilakukan untuk mempercantik komplek masjid. Seperti tempat wudlu, area service, ATM, plaza timur laut, plaza depan, plaza selatan, sekolah, kantor MUI, dan memperindah menara,” urainya.

“Harapannya, banyak orang yang semakin nyaman dan aman dalam beribadah. Menciptakan filosofinya, orang yang berkunjung ke Simpanglima bisa langsung ke masjid, hatinya makin sumeleh. Untuk kapasitas jamaah lebih dari 4.000 orang. Semoga ini menjadi kebanggaan warga Jateng dan menjadi destinasi wisata religi,” pungkas Anggoro Putro.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu