Pasar Imlek Semawis Tidak Diadakan tahun 2022 Ini Namun Ada Penggantinya

Pasar Imlek Semawis Semarang 2022 tidak akan diadakan. Namun bukan berarti acara itu tidak ada, melainkan diganti dengan acara lainnya.

Pengumuman mengenai acara pengganti Pasar Imlek Semawis 2022 itu disampaikan oleh Ketua Komunitas Pasar Imlek Pecinan Semawis Semarang, Kopi Semawis Semarang, Harjanto Halim.

“Meskipun Pasar Imlek Semawis 2022 tidak (diadakan) besar-besaran tapi kami akan ada peletakan patung shio dan peresmian lampion di Pecinan Semarang,” ucap Ketua Kopi Semawis Kota Semarang tersebut.

Harjanto lalu mengatakan, Pasar Imlek Semawis 2022 akan diganti dengan peletakan patung shio rencananya akan dilakukan di Gang Gambiran Pecinan pada 30 Januari 2022. Biasanya acara tersebut tidak ada seremonial yang meriah, berbeda dengan tahun ini.

“Karena pandemi, supaya ada penanda bahwa meskipun tak diadakan Pasar Imlek, tetapi perayaan Imlek serta semangatnya tetap selalu terjaga,” ujar Halim.

Sebagai informasi, Pasar Semawis biasanya rutin digelar jelang Imlek di Pecinan Semarang.

Di Pasar Semawis ini menggelar banyak kuliner khas Tionghoa, pernak-pernik sampai kebudayaan yang bernuansa Tionghoa. Biasanya yang menjadi daya tarik juga, di gelaran ini juga banyak terdapat pertunjukan Wayang Potehi.

Pasar Imlek Semawis terakhir kali digelar pada awal tahun 2020 sebelum pandemi masuk ke Indonesia.

Selain dari pada itu dalam menyambut Imlek 2022 Kopi Sewamis Kota Semarang, mengadakan ritual ketuk pintu di Kelenteng Tak Kak Sie, Pecinan Semarang, pada Minggu 23 Januari 2022.

Tradisi ketuk pintu Kelenteng Tay Kak Sie yang dilaksanakan oleh Kopi Semawis Kota Semarang itu memang selalu rutin digelar jelang Pasar Imlek Semawis yang sarat akan nilai keberagaman.

Rangkaian ketuk pintu Kelenteng Tay Kak Sie sebelumnya dimulai dengan berdoa bersama di pelataran kelenteng. Ada selamatan, sajian ayam ingkung, serta potong tumpeng khas tradisi Jawa.

“Meskipun acaranya di kelenteng, namun yang memimpin doa adalah tokoh agama Islam. Setelah berdoa secara Islam dilanjutkan berdoa secara Konghucu,” ujar Harjanto.

Setelah berdoa, acara selanjutnya akan diakhiri dengan pementasan barongsai di Tay Kak Sie serta keliling kelenteng lain di Pecinan untuk meminta restu dalam kelancaran serangkaian perayaan Imlek 2573 yang jatuh padatanggal  1 Februari 20222.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu