Patung Ki Nartosabdo Jadi Ikon Baru Kota Semarang

SMID-Patung Ki Nartosabdo Jadi Ikon Baru Kota Semarang

Ada hal baru di Jalan KH Agus Salim, Kauman, yang tepatnya berada di perempatan Pasar Johar depan Hotel metro Kota Semarang. Sebuah patung berukuran besar kini menghiasi jalan tersebut, patung tersebut merupakan patung dari Ki Nartosabdo.

Mulai sekarang Monumen Ki Nartosabdo itu akan menjadi salah satu ikon baru  abagi Kota Semarang. Ki Nartosabdo sendiri merupakan sosok tokoh budayawan kelahiran Klaten 25 Agustus 1925 yang tak akan luntur dalam sanubari pecinta seni dan budaya di Kota Semarang.

Patung Ki Nartosabdo tersebut dibangun oleh seorang pematung logam yang berasal dari Semarang, beliau adalah Yehana Santoso Raharjo yang bekerjasama dengan Jaya Suprana, seorang pendiri PT. Jamu Jago dan Museum Rekor Indonesia (MURI) dan murid “kandung” Ki Nartosabdo.

Menurut pemamparan dari Yahena SR, panggilan akrabnya tujuan dibangunya patung Ki Nartosabdo sebagai apresiasi  atas segala karya dan kontribusi besar Ki Nartosabdo dalam membangun marwah kesenian Indonesia.

“Saya ini sahabat dari Pak Jaya Suprana yang merupakan murid langsung Ki Nartosabdo. Nah saya sudah sering bekerjasama salah satunya adalah karya patung Ngesti Pandhowo di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS). Akhirnya saya diminta membuat patung Ki Nartosabdo dari logam,” ungkap Yehana SR usai acara peresmian Monumen Ki Nartosabdo pada Selasa (30/3/2021).

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu