PBB Peringatkan Indonesia

PBB Peringatkan Indonesia, Ungkap Dampak Mengerikan Pemanasan Global. PBB melalui Badan Meteorologi Dunia (WMO) mengeluarkan peringatan terkait bahaya pemanasan global dan perubahan iklim yang mengancam Asia, termasuk Indonesia. Laporan State of the Climate in Asia 2023 mengungkap percepatan perubahan iklim seperti peningkatan suhu permukaan, pencairan gletser, dan kenaikan permukaan laut.

Menurut laporan tersebut, Asia mengalami pemanasan hampir dua kali lebih cepat dari rata-rata global. Pada tahun 2023, tercatat 79 bencana hidrometeorologi di Asia, termasuk banjir dan badai, yang menyebabkan lebih dari 2.000 korban jiwa dan berdampak pada sembilan juta orang.

Sekretaris Jenderal WMO, Celeste Saulo, menekankan pentingnya kesadaran akan situasi ini. Selain itu, laporan tersebut mencatat bahwa kenaikan permukaan laut di Indonesia berada di atas rata-rata global, yang berpotensi menenggelamkan 2.000 pulau kecil pada tahun 2050 dan mengancam 42 juta penduduk.

Gambar kekeringan di Danau Cinere, Depok, Jawa Barat, menjadi bukti nyata dampak perubahan iklim di Indonesia, menegaskan perlunya langkah mitigasi dan adaptasi yang lebih kuat.

You might also like

More Similar Posts

Menu