Pelatihan Online Gratis Oleh Kemenag

Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat Kementerian Agama telah meluncurkan program Bulan Pintar yang menyediakan pelatihan online melalui platform MOOC Pintar. Pelatihan ini akan berlangsung selama satu bulan, dimulai dari 6 Oktober hingga 10 November 2023.

Amien Suyitno, Kepala Balitbang Diklat Kemenag, menjelaskan bahwa Bulan Pintar adalah program inovatif yang terdiri dari 15 pelatihan online yang diselenggarakan secara berurutan. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada ASN Kemenag untuk memilih jenis pelatihan sesuai kebutuhan mereka.

“Serial pelatihan online Bulan Pintar dirancang untuk memberikan fleksibilitas bagi ASN Kemenag dan masyarakat umum untuk memilih jenis pelatihan sesuai kebutuhan dan minat mereka. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik,” katanya seperti yang dilaporkan pada Jumat, 6 Oktober 2023, di situs Kemenag.

Amien Suyitno juga menjelaskan bahwa platform MOOC Pintar memiliki berbagai terobosan baru untuk mengatasi keterbatasan akses dan memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi ASN Kemenag. Platform ini juga membuka peluang bagi ASN non-Kemenag, non-PNS, non-Pegawai Kemenag, PPPK, dan masyarakat umum lainnya untuk mengikuti pelatihan di bidang agama dan pendidikan.

Menurutnya, sejak diluncurkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas awal tahun ini, pusat pembelajaran digital melalui MOOC Diklat Pintar terus berinovasi untuk memperluas akses dan mencapai lebih banyak sasaran pelatihan.

Program Bulan Pintar terbagi menjadi empat periode dan akan berlangsung selama sebulan penuh. Pelatihan ini terbuka bagi guru, kepala madrasah, pengawas, dosen, mahasiswa, penghulu, penyuluh, pemerhati pendidikan, dan masyarakat umum. Para peserta dapat memilih beberapa pelatihan dan mengikuti empat pelatihan sesuai dengan minat mereka selama sebulan. Tidak ada biaya pendaftaran alias gratis.

Mastuki, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis, menambahkan bahwa program Bulan Pintar diadakan untuk memperluas akses MOOC Pintar agar dapat mencakup lebih banyak peserta. Program ini juga bertujuan untuk menyiapkan pasar pelatihan yang dapat diakses kapan saja oleh ASN Kemenag.

“Pusdiklat Tenaga Teknis secara sengaja merancang program Bulan Pintar sebagai bulan pelatihan dan pengetahuan. Ini juga merupakan bulan promosi untuk memperluas akses MOOC Pintar ke berbagai segmen masyarakat. Selama sebulan ini, ASN Kemenag dapat memanfaatkan ‘marketplace’ pelatihan untuk mengembangkan kompetensi teknis,” ujarnya.

Mastuki juga menjelaskan bahwa ada dua tahap yang harus dilakukan peserta yang baru mendaftar di MOOC Pintar. Tahap pertama adalah membuat akun dan tahap kedua adalah mendaftar untuk mengikuti pelatihan.

“Saya mengimbau agar peserta melihat tutorial tentang cara membuat akun dan mendaftar di media sosial Pusdiklat Teknis dan Pintar seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Tidak sulit. Sangat praktis,” katanya.

Berikut adalah daftar pelatihan untuk setiap periode:

Periode I:
– Pendaftaran: 6-9 Oktober
– Pelaksanaan: 10-14 Oktober

Periode II:
– Pendaftaran: 15-18 Oktober
– Pelaksanaan: 19-23 Oktober

Periode III:
– Pendaftaran: 24-27 Oktober
– Pelaksanaan: 28 Oktober – 1 November

Periode IV:
– Pendaftaran: 2-5 November
– Pelaksanaan: 6-10 November

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu