Pelni Menyediakan Layanan Vaksinasi Gratis Di 4 Pelabuhan

Semarang ID – Layanan vaksinasi gratis saat ini banyak tersebar di Indonesia, tidak terkecuali PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) juga menyediakan layanan vaksin gratis untuk penumpang diempat pelabuhan.

Adapun pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dan Pelabuan Benoa di Bali.

Layanan vaksin ini hasil kerja sama antara Pelni dan pemangku kepentingan pelabuhan.

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik mengungkapkan layanan tersebut seimbang dengan aturan perjalanan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Jawa-Bali yang dimulai pada 3-20 Juli 2021.

Kebijakan yang baru mewajibkan pelaku perjalanan untuk menunjukkan bukti sertifikat vaksi yang berisi informasi vaksin minimal dosis pertama.

“Kami mengimbau kepada setiap calon penumpang kapal Pelni yang belum mendapatkan akses vaksin untuk memanfaatkan fasilitas ini. Sebagai perusahaan yang masuk dalam sektor krusial, kami ini mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyediaan fasilitas vaksin bagi calon penumpang kapal Pelni,” ujar Opik, mengutip dari Antaranews.com, Selasa (6/7/2021).

Pelni juga menerapkan sejumlah protokol kesehatan, salah satu upaya Pelni untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 adalah penyemprotan disinfektan dan pembersihan kapal secara rutin oleh para kru kapal lalu juga menyediakan layanan vaksinasi gratis.

Sebagai informasi, selama PPKM Darurat, aturan perjalanan yang berlaku pada kapal Pelni berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut pada Masa Pandemi Covid-19. SE tersebut mengharuskan pelaku perjalanan laut dari dan ke Pulau Jawa serta Bali untuk menunjukkan kartu vaksin.

You might also like
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu