Pemerintah Kota Semarang Akan Tambah RTH

Memasuki tahun baru 2022, Pemerintah Kota Semarang akan menambah ruang terbuka hijau (RTH) atau taman. Penambahan taman tersebut akan dilengkapi dengan patung pahlawan. Hal ini dilakukan demi menindaklanjuti aturan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Semarang, Ali mengatakan bila penambahan taman beserta patungnya sebenarnya sudah terus dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, untuk memenuhi penambahan ruang terbuka hijau yang sesusai aturan sebesar 30 persen.

Oleh karena itu, pada tahun ini pihaknya terus menambah RTH, apalagi dalam beberapa waktu lalu pihaknya mendapatkan PSU dari pihak swasta. Penambahan dilakukan termasuk di beberapa ruas jalan raya.

“Rencana kita akan terus selalu menambah termasuk dibeberapa ruas jalan. Beberapa waktu lalu kita menerima penyerahan prasarana dan sarana umum (PSU) dari pihak swasta, sehingga RTH kita bertambah 17 persen,” ucap Ali, Senin (24/1/2022).

Rencana pembangunan RTH berserta patungnya, ucap dia, akan terus selalu dilakukan pada tahun ini. Proyek yang sedang berjalan, lanjutnya, adalah pembangunan patung penari semarangan di Kaliwiru.

“Selain itu, ada juga rencana untuk penambahan patung dan taman dilakukan di Kawasan Dokter Cipto. Kami ingin setiap jalan ini ada ceritanya, misal Dr Cipto. Juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat, Jenderal Sudirman juga direncanakan tahun ini, juga dibangun,” katanya.

Khusus patung tari Semarangan, kata dia, anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 400 sampai Rp 600 juta. Desainnya adalah patung tiga dimensi yang dapat memutar.

Rencana pembangunan RTH di setiap jalan raya ditambahi patung, ucap dia, terinspirasi dari beberapa ruas jalan di Bali. Menurutnya, pembangunan patung di sana memiliki cerita ataupun sejarah berkaitan dengan jalan tersebut.

“Di Bali itu kan banyak patung, bahkan ada patung yang bisa menari. Kita akan konsep jalan di Semarang sama dengan di Bali,” tegas dia.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu