Pemkab Semarang Bangun TPS di Tiap Kecamatan

SMID-Pemkab Semarang Bangun TPS di Tiap Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Semarang atau Pemkab Semarang mempunyai rencana untuk membangun tempat pengolahan sampah terpadu di setiap kecamatan yang tujuanya adalah untuk mengendalikan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blondo Bawen.

Hal tersebut merupakan bagian dari program di tahun 2021-2024 dalam bidang infrastruktur menurut pemaparan dari Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang, Budi Rahardjo.

Sebelum berakhir di TPA, lanjutnya, sampah seharusnya dapat dipilah terlebih dahulu untuk digunakan kembali dan didaur ulang melalui bank sampah dan TPS 3R (reduce, reuse, recycle). DLH sendiri mencatat pada saat ini terdapat 160 bank sampah unit, 1 bank sampah induk, dan 5 unit TPS 3R di Semarang.

“Dengan pendekatan semacam ini, TPA hanya untuk residu,” ungkapnya. Menurut dia, perubahan paradigma pengelolaan sampah semacam itu harus diawali dengan kesadaran bersama antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Salah satu contohnya adalah seperti inisiatif yang dilakukan oleh Yayasan Bintari dan CCAI dalam menginisiasi pendirian bank sampah di Randugunting Kecamatan Bergas.

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu