Penanganan Mobil Mogok

Mobil hybrid sudah banyak beredar di Indonesia dan menjadi pilihan utama karena kekhawatiran terkait baterai habis energi, seperti yang dialami oleh mobil listrik, tidak berlaku pada mereka. Cukup mencari SPBU terdekat, perjalanan dapat dilanjutkan dalam hitungan menit.

Meskipun demikian, pemilik mobil hybrid perlu memahami cara merawatnya, terutama dalam situasi darurat seperti terendam banjir. Pertanyaan muncul, bagaimana langkah yang harus diambil jika mobil hybrid mogok akibat banjir.

Langkah pertama yang harus diambil adalah segera melepaskan kabel aki mobil untuk menghindari risiko korsleting yang dapat merusak komponen kelistrikan, seperti motor listrik, baterai, dan sistem perkabelan. Perlu diingat untuk tidak menyentuh perkabelan hybrid, karena arus listriknya besar dan dapat berbahaya.

Jika kondisi memungkinkan dan cukup orang, mobil dapat didorong ke tempat yang kering dan aman. Sebelumnya, pastikan tuas transmisi berada dalam posisi netral (N) dan lepas rem parkir. Jika tidak memungkinkan, segera tinggalkan mobil dan hubungi layanan darurat yang bekerjasama dengan bengkel resmi Toyota atau pihak asuransi.

Selanjutnya, nonaktifkan rem tangan agar kampas rem tidak lengket dan mobil dapat didorong jika diperlukan. Pastikan untuk menggunakan batu sebagai pengganjal agar mobil tetap berada di tempat. Barang pribadi seperti ponsel, dompet, dan surat-surat kendaraan perlu diselamatkan.

Jangan panik jika mobil terendam banjir. Evaluasi situasi dengan bijak. Jika kedalaman air belum mencapai setengah roda dan tidak ada arus air yang kuat, masih ada peluang untuk menyalakan mesin dan memindahkan mobil ke tempat yang lebih aman. Namun, jika air sudah mencapai setengah roda atau lebih tinggi, segera hubungi layanan darurat dan hindari mencoba memindahkan mobil sendiri.

Dalam upaya menghindari kerusakan lebih parah, cabut kabel aki mobil untuk mencegah korsleting. Sebaiknya gunakan mobil gendong untuk membawa mobil yang terkena banjir ke bengkel terpercaya. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan mobil hybrid dapat diatasi dengan baik setelah terendam banjir.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu