Penantang GPT- 4 Dari Meta

Meta, perusahaan di balik platform seperti Facebook, telah mengambil langkah besar dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI). Mereka telah menggunakan chip pelatihan AI dan mendirikan pusat data untuk menciptakan chatbot yang lebih canggih dari sebelumnya, dengan harapan dapat menandingi keunggulan GPT-4 yang dikembangkan oleh OpenAI, seperti yang dilaporkan oleh The Wall Street Journal.

Rencananya, Meta akan mulai melatih model bahasa yang baru ini pada awal tahun 2024. CEO Mark Zuckerberg tampak sangat mendukung upaya ini, dengan harapan bahwa model ini akan memberikan keleluasaan kepada perusahaan untuk mengembangkan lebih banyak alat AI.

Sebelumnya, Meta mengandalkan platform cloud Azure Microsoft untuk melatih chatbot mereka, tetapi sekarang mereka telah memperkuat infrastruktur mereka dengan chip pelatihan AI Nvidia H100 yang baru mereka peroleh. Ini memungkinkan mereka menjadi lebih mandiri dalam pengembangan chatbot baru.

Meta telah membentuk kelompok khusus untuk mempercepat pembuatan alat AI yang dapat meniru ekspresi manusia. Terlihat bahwa ini adalah kelanjutan logis dari fitur AI generatif yang telah mereka kerjakan sebelumnya. Pada bulan Juni yang lalu, bocoran mengungkapkan adanya chatbot Instagram dengan 30 kepribadian yang sedang diuji, yang sangat mirip dengan “persona” AI yang belum diumumkan sebelumnya dan dijadwalkan akan diluncurkan oleh perusahaan bulan ini.

Selain itu, Meta juga menghadapi perubahan besar dalam tim peneliti AI mereka dan alokasi sumber daya komputasi untuk berbagai proyek LLM mereka tahun ini. Persaingan di bidang AI generatif juga semakin sengit.

OpenAI, yang mengembangkan GPT-4, telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan segera melatih GPT-5. Namun, Apple melaporkan mengeluarkan jutaan dolar setiap hari untuk model AI mereka yang dikenal sebagai “Ajax,” yang tampaknya lebih canggih daripada GPT-4. Google dan Microsoft juga semakin mengintegrasikan AI dalam alat produktivitas mereka, sementara Amazon menjalankan inisiatif AI generatif di seluruh organisasi mereka, termasuk pengembangan chatbot yang didukung oleh Alexa.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu