Pencurian Uang Kripto Ditangkap

Pelaku Pencurian Uang Kripto Diciduk di Pekanbaru, Aset Senilai Rp 5,1 Miliar Disita
Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau berhasil mengungkap kasus pencurian uang kripto yang telah meresahkan di Kota Pekanbaru, Riau. Seorang tersangka berinisial DA (39) berhasil ditangkap oleh petugas di Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, sepekan yang lalu.

Kombes Nasriadi, selaku Direktur Reserse Kriminal Khusus, mengungkapkan bahwa dari penangkapan tersebut, pihak kepolisian berhasil menyita aset senilai Rp 5,1 miliar yang terkait dengan kegiatan kriminal tersebut. Aset yang disita meliputi tiga unit mobil mewah, yakni Rubicon, Range Rover, dan BMW, serta sepeda motor seperti Kawasaki Ninja, Custom, RX King, dan Vespa. Selain itu, petugas juga berhasil mengamankan aset berupa rumah, laptop, handphone, dan rekening.

Menurut Nasriadi, pelaku DA telah melakukan aksinya sejak tahun 2017 dengan modus operandi menggunakan link palsu untuk meretas akun korbannya. Modus ini melibatkan penyebaran link palsu ke pemilik akun Metamask (Dompet Digital Crypto) melalui media sosial seperti Facebook dan Discord.

“Link palsu tersebut berisi pemberitahuan tentang penutupan akun Metamask, sehingga korban segera mengganti username dan password-nya. Ketika ada pemilik akun yang merespons, pelaku langsung mendapatkan identitas dan password pemilik akun. Selanjutnya, pelaku mencuri seluruh koin kripto di akun tersebut,” ungkap Nasriadi.

Setelah mendapatkan koin kripto, pelaku selanjutnya mentransfer seluruh saldo ke akun Indodax miliknya untuk melakukan pembelian koin Ethereum (ETH). Hasil dari trading tersebut kemudian ditarik ke rekening milik pelaku.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis yang dapat menghadapi hukuman penjara selama 9 tahun. Kasus ini memberikan peringatan serius terhadap masyarakat terkait risiko keamanan di dunia digital dan pentingnya menjaga keamanan akun kripto mereka.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu