Penegakan Hukum Berlalu Lintas lewat Pemasangan CCTV di Jateng

CCTV Jateng

27 Closed Circuit Television (CCTV) dan 6 speedcam telah dipasang Polda Jateng di Jawa Tengah. Kamera ini digunakan karena untuk menegakkan hukum Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Speedcam ini kita gunakan untuk masyarakat yang ugal-ugalan, Nanti akan kita tingkatkan menjadi 52 titik, dengan harapan masyarakat akan tahu dengan adanya ETLE Polda Jateng mendukung program Kapolri, selain mendidik masyarakat kita terkait aspek lalu lintas. Satu pelanggaran yang terkait pemakaian helm, tidak pakai safety belt, pakai handphone dan melawan arus itu akan ditindak” ucap Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi Senin lalu saat konferensi pers di Regional Traffic Management Center (RTMC) Ditlantas Polda Jateng.

Sistem ETLE ini akan diluncurkan pada 17 Maret 2021, dengan diselingi peluncuran kedua pada bulan April 2021 mendatang, dimana kamera tersebut digunakan untuk menindak pengguna jalan raya yang melanggar lalu lintas yang sudah terekam dan menangkap gambar di CCTV tersebut.

Peluncuran sistem ini guna untuk mengurangi adanya kerumunan antara anggota Polri dengan masyarakat demi keberlangsungan social distancing akibat Covid-19. Serta guna untuk menyadarkan masyarakat untuk lebih patuh saat berlalu lintas.

Kombes Pol Rudy Syarifudin menambahkan,  ETLE tersebut  telah terpasang sejak 3 tahun. Namun saat itu regulasinya belum ada dan masih terdapat hambatan dalam penerapannya. Penerapan server dalam ETLE ini akan terhubung dan terkoneksi langsung dengan daerah lain, sehingga pelanggar ber-plat nomor luar kota sekalipun dapat dikenakan sanksi.

Rudy berharap dengan adanya penerapan ETLE masyarakat akan sadar akan aturan berlalu lintas dan lebih taat dalam membayar pajak. “Terlalu banyak pengguna kendaraan yang tidak membayar pajak, dengan adanya E tilang ini akan tercapture, dalam satu tahun ada Rp 200-300 miliar bahkan Rp 500 miliar malah yang menunggak pajak,” Kata Rudy.

Melalui tilang online ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan berkendara selain itu juga menindak para pelanggar pajak.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu