Pentingnya Reapply Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang sebaiknya digunakan setiap hari. Namun, pertanyaannya, apakah perlu untuk mengaplikasikan ulang sunscreen beberapa kali dalam sehari?

Menurut Dokter Kecantikan dari Klinik Dermalogia, Jakarta, Arini Astasari Widodo, penggunaan sunscreen sebaiknya tidak hanya dilakukan sekali sehari, melainkan sebaiknya diulang setiap 2 hingga 3 jam sepanjang hari.

“Memang harus diulang. Jika sedang tidak melakukan aktivitas berat, setidaknya sunscreen perlu dioleskan lagi setiap dua atau tiga jam. Namun, jika sedang berkeringat banyak atau berenang, sebaiknya sunscreen digunakan lebih sering,” ungkap Arini saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com pada Kamis (18/1) malam.

Menurut Arini, pengulangan penggunaan sunscreen setiap dua atau tiga jam ini bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan sifat bahan-bahan dalam sunscreen dan interaksinya dengan berbagai faktor lingkungan.

Sunscreen mengandung bahan aktif yang membentuk penghalang dan melindungi kulit dari radiasi UV. Seiring berjalannya waktu, bahan-bahan ini dapat terurai akibat paparan sinar matahari, yang tentu saja dapat mengurangi efektivitas sunscreen.

“Oleskan kembali setiap dua jam membantu memperbaiki dan memperkuat penghalang ini, sehingga memberikan perlindungan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Selain itu, faktor-faktor lingkungan seperti berkeringat, berenang, dan mengeringkan tubuh dengan handuk juga dapat mempengaruhi keutuhan lapisan sunscreen. Kegiatan-kegiatan ini dapat menggeser atau melarutkan sunscreen, yang pada akhirnya dapat mengurangi efektivitasnya.

Oleh karena itu, jika sedang berkeringat banyak, sebaiknya sunscreen dioleskan lebih sering, bahkan kurang dari dua jam sekali. Hal ini penting untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV.

Arini juga menyoroti bahwa tingkat radiasi ultraviolet dapat bervariasi sepanjang hari, dengan intensitas puncak terjadi antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Oleh karena itu, jika sunscreen tidak diaplikasikan ulang pada periode tersebut, kulit mungkin tidak mendapatkan perlindungan maksimal.

Sebaliknya, pengulangan penggunaan setiap dua jam dengan mempertimbangkan fluktuasi radiasi dapat menyesuaikan perubahan tingkat paparan UV dan memberikan perlindungan maksimal pada kulit.

“Mengoleskan kembali membantu mengatasi kehilangan efektivitasnya. Bahkan dengan sunscreen tahan air, mengoleskan kembali setelah berenang atau berkeringat tetap penting, karena ketahanan terhadap air tidak berarti perlindungannya tahan air sepenuhnya,” tambahnya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu