Penyakit Autoimun Bisakah Sembuh

Semua penyakit memiliki pengobatannya masing-masing. Tapi bagaimana dengan kondisi autoimun? Apakah ada cara untuk menyembuhkannya? Dokter spesialis penyakit dalam dan Kepala Klinik ALIVE Eka Hospital BSD, Iris Rengganis, menjelaskan bahwa autoimun bukanlah jenis penyakit yang dapat disembuhkan.

Meskipun begitu, ada upaya untuk mencegah dan mengurangi kekambuhan penyakit autoimun. Menurut Iris, setelah terkena autoimun, penyakit ini tidak dapat sembuh. Upaya yang dapat dilakukan adalah mengurangi risiko kambuhnya atau tingkat keparahannya.

Autoimun sendiri merupakan penyakit yang muncul ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat tubuh. Iris menjelaskan bahwa sistem kekebalan yang bermasalah ini dapat menyerang berbagai organ tubuh tanpa kecuali, mulai dari kulit, tulang, darah, hingga sel.

Dalam upaya mencegah autoimun, Iris menekankan bahwa kondisi ini, seperti diabetes, darah tinggi, kolesterol, dan asam urat, dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup. Terutama dalam hal gaya hidup, konsumsi gluten yang berlebihan dapat memicu timbulnya autoimun. Oleh karena itu, hindari makanan tinggi gluten jika sudah memiliki risiko autoimun.

Iris juga menyarankan agar pasien yang telah didiagnosis dengan autoimun selalu berkonsultasi dengan dokter dan menjalani semua sesi pengobatan yang telah direkomendasikan. Penggunaan obat, terapi, serta pola makan atau diet perlu dijalankan untuk mengurangi risiko keparahannya.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu