Penyebab Sering Timbul Jerawat

Ada berbagai kebiasaan yang dapat menjadi penyebab jerawat pada usia dewasa. Mengubah atau mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu menjaga kulit agar terhindar dari jerawat. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), sekitar 15 persen wanita dewasa mengalami masalah jerawat.

Francesca Fusco, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center, menyebutkan bahwa jerawat pada usia dewasa dapat muncul bahkan jika seseorang tidak mengalami jerawat saat remaja. Jerawat pada usia dewasa umumnya lebih dalam dan muncul sebagai kista atau jerawat di bawah kulit.

Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan jerawat pada usia dewasa antara lain:

  1. Pemakaian Produk Penataan Rambut: Menggunakan produk penataan rambut dapat memicu jerawat karena minyak pada rambut dapat menempel pada kulit wajah, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan peradangan.
  2. Gonta-ganti Produk Skincare: Seringkali mengganti produk skincare dapat merangsang jerawat karena kulit perlu waktu untuk beradaptasi dengan bahan-bahan baru.
  3. Sering Menyentuh Wajah: Menyentuh wajah dengan tangan yang telah bersentuhan dengan berbagai benda dapat menyebabkan jerawat karena transfer bakteri dan kotoran.
  4. Konsumsi Produk Susu: Beberapa produk susu dapat memperparah jerawat dengan merangsang kelenjar minyak dan meningkatkan penyumbatan pori-pori.
  5. Membersihkan Kulit Berlebihan: Membersihkan kulit secara berlebihan dapat membuat kulit kering dan memicu produksi minyak berlebih, yang dapat menyebabkan jerawat.
  6. Jarang Mengganti Sarung Bantal: Sarung bantal yang jarang diganti dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, kotoran, dan minyak yang dapat menyebabkan masalah kulit.
  7. Asupan Tinggi Karbohidrat: Diet tinggi karbohidrat, terutama yang melibatkan makanan dengan indeks glikemik tinggi, telah terbukti dapat membuat seseorang rentan terhadap jerawat.

Mengubah kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari jerawat.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu