Perbedaan Kartu Debit Dan Kartu Kredit

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan uang kertas mengalami penurunan. Masyarakat kini lebih cenderung menggunakan metode non-tunai, seperti kartu debit, kartu kredit, dan QRIS.

Penggunaan kartu debit dan kartu kredit sudah menjadi hal umum sebagai metode pembayaran non-tunai. Walaupun keduanya memiliki bentuk fisik yang serupa, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Menurut OJK, kartu debit merupakan kartu elektronik yang diterbitkan oleh bank sebagai fasilitas untuk pemegang rekening tabungan atau giro. Kartu ini digunakan untuk berbagai transaksi perbankan di mesin ATM dan berbelanja di toko dengan mesin gesek Electronic Data Capture (EDC). Di sisi lain, kartu kredit dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan serupa, memberikan fasilitas kepada pemilik kartu untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa uang tunai.

Perbedaan juga terlihat dari kepemilikan kartu. Kartu debit diterbitkan langsung oleh bank kepada pemilik rekening atau giro, sedangkan kartu kredit diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan serupa tanpa harus memiliki rekening atau giro di bank tersebut.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada pemakaian kartu. Kartu debit dapat dianggap sebagai bentuk ringkas dari rekening yang dimiliki, digunakan untuk tarik tunai, pembayaran, atau transfer ke rekening lain. Penggunaan kartu debit akan langsung mengurangi dana dari rekening tabungan atau giro. Di sisi lain, kartu kredit lebih bersifat seperti pinjaman, dengan biaya yang harus dibayarkan meskipun dapat digunakan untuk transfer dan tarik tunai.

Perbedaan ketiga adalah terkait limit penggunaan kartu. Kartu debit terkait dengan saldo rekening atau giro, sementara kartu kredit memiliki limit yang ditentukan oleh bank atau lembaga keuangan penerbit, tergantung pada kebijakan dan jenis kartu.

Perbedaan terakhir antara keduanya terletak pada fisik kartu. Kartu kredit umumnya memiliki tampilan yang lebih mewah dengan informasi yang dicetak timbul atau emboss, sedangkan kartu debit cenderung dicetak rata dan mungkin tidak mencantumkan beberapa informasi seperti nama pemilik kartu dan masa berlaku.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu