Perkiraan Cuaca BMKG Hari Ini

Perkiraan Cuaca BMKG: Hujan dan Kondisi Cuaca di Berbagai Wilayah Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan perkiraan cuaca untuk sejumlah kota besar di Indonesia pada hari ini. Menurut BMKG, sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat. Selain itu, suhu udara juga diperkirakan berkisar antara 17 hingga 37 derajat Celsius, dengan kelembapan berkisar antara 40 hingga 100 persen.

Cici Sucianingsih, seorang prakirawan dari BMKG, mengatakan bahwa prediksi angin di lapisan permukaan sebagian besar wilayah Indonesia masih akan bertiup dari arah timur hingga tenggara, dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 50 kilometer per jam.

Pulau Sumatra diperkirakan akan mengalami cuaca berawan hingga cerah di kota-kota seperti Tanjung Pinang, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung. Sementara itu, asap akan terlihat di Jambi dan Palembang. Di Banda Aceh dan Medan, hujan ringan hingga sedang berpotensi mengguyur daratan, sementara hujan petir diprediksi terjadi di Pekanbaru dan Padang.

Di Pulau Jawa, hujan ringan diprediksi akan turun di Jakarta, Semarang, dan Bandung, sementara cuaca berawan hingga cerah berpotensi terjadi di Serang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Kepulauan Sunda Kecil dapat mengharapkan cuaca berawan di Denpasar, hujan ringan di Mataram, dan cerah di Kupang. Di Pulau Kalimantan, hujan ringan diperkirakan akan turun di Tanjung Selor, Samarinda, dan Banjarmasin, sementara Palangka Raya masih akan menghadapi kondisi berkabut.

Pulau Sulawesi akan mengalami hujan ringan hingga deras di Palu dan Mamuju, dengan cuaca berawan berpotensi di Manado, Kendari, dan Makassar.

Sementara itu, di wilayah timur Indonesia, hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir diperkirakan terjadi di Ternate, Manokwari, dan Ambon, sementara langit berawan tebal berpotensi menyelimuti Jayapura.

BMKG juga memberikan peringatan terkait ketinggian gelombang laut, yang mencapai 2,5 hingga 4 meter di sebagian wilayah Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, serta di sebelah selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia diminta untuk waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan. Wilayah dengan tingkat kemungkinan terbakar tinggi terdapat di beberapa bagian Sumatra, sebagian besar wilayah Jawa dan Sunda Kecil, sebagian besar wilayah Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), sebagian besar wilayah Sulawesi, serta wilayah Papua Barat.

BMKG mengimbau seluruh masyarakat yang berada di wilayah-wilayah tersebut untuk menghindari aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Keselamatan dan kewaspadaan dalam cuaca ekstrem sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan bersama.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu