Perpanjang STNK 5 Tahunan Di Samsat & Online

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan singkatan yang digunakan untuk dokumen resmi yang mencatat nomor kendaraan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2015, STNK berfungsi sebagai bukti sah atas pengoperasian suatu kendaraan. Umumnya, STNK diperpanjang setelah masa berlakunya habis, dan perpanjangan dapat dilakukan setiap tahun atau setiap 5 tahun, disebut juga sebagai perpanjangan 5 tahunan atau ganti kaleng.

Proses perpanjangan STNK diatur oleh Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 288 ayat (1). Jika terjadi keterlambatan dalam perpanjangan STNK 5 tahunan, denda maksimal yang dapat dikenakan adalah Rp 500 ribu dan pidana penjara maksimal 2 bulan.

Pada tahun 2024, persyaratan dan cara perpanjangan STNK 5 tahunan masih sama seperti tahun sebelumnya. Terdapat dua cara untuk memperpanjang STNK, yaitu dengan mengunjungi kantor Samsat secara langsung atau melalui layanan online. Syarat-syarat perpanjangan STNK 5 tahunan meliputi STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, KTP pemilik kendaraan, formulir permohonan perpanjangan STNK, Surat Keterangan Buka Blokir jika STNK terblokir, dan Surat Kuasa jika perpanjangan diurus oleh orang lain dengan identitas berbeda.

Prosedur perpanjangan STNK 5 tahunan secara langsung di kantor Samsat melibatkan pendaftaran kendaraan, cek fisik, legalisasi hasil cek fisik, pengisian formulir, pembayaran pajak, dan pengambilan STNK dan plat nomor baru. Sementara itu, untuk perpanjangan secara online, dapat dilakukan melalui aplikasi Samsat Online Nasional. Langkah-langkahnya melibatkan unduhan aplikasi, pendaftaran, pengisian data, pembayaran dengan kode pembayaran yang diberikan, dan menerima e-pengesahan STNK dan e-TBPKP melalui email.

Biaya perpanjangan STNK 5 tahunan juga mencakup sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), sebagai tanggung jawab pemilik kendaraan terhadap risiko kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera pada orang lain.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu