Pesaing Ioniq 5

Mobil listrik Omoda 5 EV, yang diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, akan diproduksi di Indonesia. Omoda 5 EV bertarung dalam segmen yang sama dengan Hyundai Ioniq 5.

Menurut Shawn Xu, Presiden PT Chery Sales Indonesia, mereka yakin bahwa dengan merakit Omoda 5 EV secara lokal, harga jualnya dapat lebih terjangkau. “Kami memperkirakan perakitan Omoda 5 EV akan dimulai pada awal tahun 2024, sekitar bulan Januari atau Februari,” ujar Shawn Xu saat berbicara dengan media dalam acara Chery International Consumer Summit 2023 di Wuhu, Anhui, China, pada tanggal 16 Oktober.

Pabrik rekanan PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, akan menjadi lokasi produksi Omoda 5 EV. Sejauh ini, beberapa model Chery, seperti Chery Tinggi 7 dan 8 serta Omoda 5 dengan mesin bakar, telah dirakit secara Completely Knocked Down (CKD) di Indonesia.

Shawn juga menyebutkan bahwa dengan tingkat lokal 40 persen, mereka dapat memenuhi syarat untuk insentif pemerintah. Selain itu, Chery berharap kendaraan yang mereka rakit di Indonesia juga dapat diekspor ke berbagai negara.

Secara tampilan, Omoda 5 EV mirip dengan versi mesin bakarnya, dengan dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Mobil ini dilengkapi dengan baterai 64 kWh yang mampu mencapai jarak 450 kilometer dengan satu kali pengisian. Pengisian baterai hingga 80 persen hanya memerlukan 40 menit menggunakan pengisian DC, sedangkan menggunakan pengisian AC memerlukan waktu lima jam.

Omoda 5 EV ditenagai oleh motor listrik dengan daya sekitar 201,2 hp dan torsi 400 Nm. Dalam uji kertas, mobil ini dapat mencapai kecepatan 0-100 km per jam dalam waktu 7,8 detik.

Chery menyambut positif kehadiran merek-merek mobil China lain di Indonesia, seperti Wuling, DFSK, Great Wall Motor, Neta, dan yang akan datang, BYD. Shawn menjelaskan perbedaan Chery dengan merek-merek mobil China lainnya terletak pada fokus mereka pada desain, teknologi termasuk mesin bakar dan teknologi listrik, serta fitur-fitur penunjang berkendara.

Menurutnya, Chery telah melakukan rekayasa dengan baik dan mengalokasikan sebagian besar energi mereka untuk mengembangkan teknologi dan desain. Chery berkomitmen untuk terus mengembangkan produk yang berkualitas demi memenuhi harapan konsumen, tanpa terlalu fokus hanya pada penjualan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu