Maraknya Penyalahgunaan Senpi, Polda Luncurkan Aplikasi Senpi Online

SMID-Polda Luncurkan Aplikasi Senpi Online

Semarang – Polda Jawa Tengah semakin meningkatkan pengawasan terhadap kepemilikan senjata api (senpi) yang beredar di masyarakat dengan meluncurkan aplikasi senpi online.

Polda Jateng, Kombes Pol Djati Wiyoto mengatakan, peluncuran aplikasi ini didasari oleh penyalahgunaan senpi yang dipegang masyarakat sehingga sangat meresahkan. Terdapat tiga golongan senjata api, diantaranya untuk tujuan bela diri, olahraga, dan instansi terkait pengguna senjata api.

Penggunaan aplikasi senpi online ini sudah bisa diunduh melalui playstore. Dalam aplikasi terdapat nama pemilik senpi, nomor registrasi, alamat pemilik, dan masa berlaku surat izin penggunaan senpi.

“Nah ini kalo surat izin sudah hampir habis, kita bisa memberi peringatan melalui notifikasi atau pesan pada pemilik senjata api bahwa surat izin yang bersangkutan satu bulan ke depan sudah habis dan harus diurus perpanjangan surat izin itu,” ujar Wiyoto, Selasa (6/4).

Sementara itu, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) untuk sosialisasi aplikasi senpi ini. Seluruh masyarakat pengguna senjata api di luar anggota TNI-Polri diwajibkan mengunduh aplikasi ini agar dapat diawasi penggunannya.

You might also like
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu