Pro Kemendikbudristek, Rektor Universitas Ivet Semarang Sahkan MBKM

Kementerian Penidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pacu perguruan tinggi untuk merubah kurikulum pembelajaran. Hal tersebut terkait kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang selaras dengan kebutuhan industri  kerja saat ini.

Universitas Ivet, perguruan tinggi peduli masa depan mahasiswa, segerakan pembuatan Buku Pedoman Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Rektor Prof Dr Rustono, mengesahkan MBKM tersebut di ruang rapat gedung Rektorat, pada Kamis (9/9/2021).

Prof Rustono menyampaikan buku ini diluncurkan mengacu peraturan Mendikbud Ristek RI.

“Pada tahun 2020, Mendikbud Ristek membuat kebijakan MBKM dengan maksud mengimplementasikan Permendikbud No 3/2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pasal 18 yang mengamanatkan pemenuhan masa dan beban belajar bagi program sarjana dan sarjana terapan. Dapat dilaksanakan dengan mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar. Sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi selama 3 semester,” ujar Rektor Rustono.

“Mengingat adanya perubahan kepemimpinan pemerintahan, nanti tentu akan baru pula kebijakan yang ada. Kalau ada revisi kemudian hari, itu hal wajar. Sebab kurikulum akan selalu berubah mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja. Penyempurnaan akan terus berjalan sehingga buku panduan ini akan menjadi baik dan sempurna sesuai dengan kebijakan dari pemerintah,” pungkasnya.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu