Program Beasiswa Pritoritas LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah mengumumkan pembukaan tujuh program beasiswa prioritas tambahan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa. Program beasiswa ini termasuk dalam kategori Program Targeted.

Melalui program ini, calon penerima beasiswa S2 dan S3 di luar negeri memiliki kesempatan untuk mendaftar dua jenis program beasiswa sekaligus. Dua program yang dimaksud adalah program beasiswa kemitraan/kerja sama LPDP dan salah satu program Beasiswa Afirmasi/Beasiswa Targeted/Beasiswa Umum tujuan luar negeri.

Dalam kategori beasiswa prioritas, terdapat enam kampus luar negeri yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, yaitu:
1. Nanyang Technology University (NTU), Singapura
2. National University of Singapore (NUS), Singapura
3. Campus France, Prancis
4. University of California, Davis (UC Davis), Amerika Serikat (AS)
5. University of New South Wales (UNSW), Australia
6. Kampus di Belanda yang masuk dalam daftar The Orange Knowledge Program (OKP)

Berikut adalah tujuh beasiswa prioritas yang dibuka LPDP pada tahun 2024:

1. NTU Program MBA
– Ditujukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di sektor publik dan berminat menempuh pendidikan Master of Business Administration (MBA) di Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Durasi pembiayaan pendidikan maksimal 12 bulan.

2. NTU Program Doktor
– Dibuka khusus untuk pendidikan doktor di NTU Singapura program studi bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan non-STEM. Studi akan dibiayai dengan durasi paling lama 48 bulan.

3. Campus France Program Master
– Beasiswa Kemitraan LPDP-Campus France untuk jenjang master bidang prioritas pembangunan Indonesia sesuai dengan keahlian pengetahuan universitas di Perancis. Durasi pendanaan paling lama 24 bulan atau dua tahun.

4. UC Davis Program Doktor
– Program beasiswa dari kerja sama LPDP dan University of California Davis di AS untuk mencetak calon lulusan Doktor di bidang Pertanian, Lingkungan, Teknik, dan Pendidikan. Durasi pembiayaan studi paling lama 5 tahun.

5. UNSW Program Doktor
– Program beasiswa hasil kerja sama LPDP dan University of New South Wales, Australia, untuk calon Doktor di bidang energi terbarukan dan inovasi. Durasi studi dibiayai selama maksimal 48 bulan.

6. Diktiristek-LPDP-OKP Program Master
– Beasiswa hasil kerja sama antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Diktiristek), LPDP, dan Nuffic Neso Indonesia. Durasi pendanaan studi paling lama 16 bulan.

7. NUS Program Master Bidang Kewirausahaan
– Program kerja sama pendanaan antara LPDP dengan National University of Singapore (NUS) Enterprise. Beasiswa ini bertujuan mendidik calon pengusaha di bidang kewirausahaan. Durasi pendanaan studi paling lama 12 bulan, termasuk program magang.

Pendaftaran tahap pertama beasiswa LPDP telah dibuka sejak 11 Januari 2024, dan ditutup pada 12 Februari 2024. Proses pendaftaran tahap dua dimulai pada 19 Juni hingga 18 Juli 2024. Hasil seleksi akan diumumkan pada 1 Maret 2024 (tahap 1) dan 9 Agustus 2024 (tahap 2). Calon pelamar diwajibkan memenuhi sejumlah syarat, seperti kewarganegaraan Indonesia, lulus dari program pendidikan tertentu, dan melampirkan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu