Proses & Langkah Klaim JKK BPJS

Langkah-langkah Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan: Prosedur yang Perlu Diikuti
Asuransi kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan menjadi langkah penting dalam mengantisipasi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi selama bekerja. Manfaat asuransi ini mencakup perlindungan terhadap kematian, cacat keseluruhan, cacat sebagian, serta perawatan medis bagi pekerja yang mengalami kecelakaan atau sakit akibat pekerjaan.

Menurut OJK, asuransi kecelakaan berperan sebagai jaminan atas risiko kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian, cacat, dan memerlukan perawatan. Banyak perusahaan asuransi yang bekerja sama untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pekerja, dengan pemerintah meluncurkan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebagai bentuk asuransi kecelakaan.

Program JKK dijalankan oleh beberapa penyelenggara, termasuk BPJS Ketenagakerjaan, PT TASPEN, dan PT ASABRI. BPJS Ketenagakerjaan mencakup berbagai golongan pekerja, sementara PT TASPEN dan PT ASABRI melayani golongan ASN, CPNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, ASN Kemenhan, dan Polri.

Manfaat asuransi kecelakaan dari BPJS Ketenagakerjaan meliputi biaya perawatan medis, homecare atas rekomendasi dokter, santunan tidak mampu bekerja, santunan cacat, rehabilitasi dengan alat bantu atau ganti, santunan kematian, dan kembali bekerja bagi pekerja yang mengalami kecacatan.

Bagi peserta yang ingin mengurus klaim JKK, dapat dilakukan di Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) terdekat dengan mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir dan melengkapi dokumen pendaftaran kepesertaan Jaminan Kecelakaan Kerja.
  2. Mengambil nomor antrian untuk klaim JKK Jaminan Kematian.
  3. Menunggu panggilan oleh petugas melalui mesin antrian Jaminan Pensiun.
  4. Menerima layanan dari Petugas Jaminan Hari Tua.
  5. Menerima tanda terima klaim Jaminan Kecelakaan Kerja.
  6. Melakukan penilaian kepuasan melalui e-survey Jaminan Kematian.
  7. Peserta menerima saldo JKK yang diklaim melalui transfer ke rekening peserta.

Asuransi ini dapat diklaim dalam waktu 7 hari kerja setelah berkas disetujui. Informasi lebih lanjut dapat dicek melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan peserta dapat dengan mudah mengakses jaminan kecelakaan kerja dan mendapatkan perlindungan yang sesuai.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu