Rahasia Kebal Covid

Selama tiga tahun terakhir, dunia telah dilanda oleh pandemi Covid-19 yang telah menjangkiti jutaan manusia. Namun, ternyata ada sekelompok orang yang hingga saat ini tidak pernah terinfeksi oleh virus ini sama sekali.

Suatu penelitian telah mencoba untuk mengungkap rahasia di balik misteri ini. Menurut Lindsay Broadbent, seorang virolog dari Universitas Surrey, penelitian tersebut melibatkan pengamatan terhadap petugas kesehatan dan orang-orang yang tinggal serumah dengan individu yang terkena Covid-19.

Para peneliti melakukan analisis DNA serta mencari adanya mutasi yang tidak biasa untuk menjelaskan fenomena ini. Studi serupa juga pernah dilakukan pada orang-orang yang kebal terhadap HIV dan norovirus.

Broadbent menjelaskan bahwa dalam teori, ilmuwan dapat mengembangkan perawatan yang efektif jika mutasi genetik ditemukan. Namun, hal ini sendiri tidak akan cukup. Dia juga menunjukkan bahwa kemungkinan bukan hanya satu gen yang terlibat, melainkan kombinasi gen yang membuat individu tersebut kebal terhadap virus Covid-19.

Namun, melakukan manipulasi pada lebih dari satu gen dapat menimbulkan efek samping. Para peneliti diperkirakan akan menghadapi kesulitan dalam mengembangkan perawatan dari hasil penelitian ini.

Selain itu, selama pandemi Covid-19, juga ditemukan fenomena pasien yang mengalami Long Covid, di mana sekelompok individu masih mengalami gejala meskipun mereka telah dinyatakan sembuh atau negatif.

Di Inggris saja, telah tercatat dua juta kasus Long Covid, di mana sekitar seperlimanya mengalami gejala yang parah, yang bahkan dapat menghambat aktivitas sehari-hari mereka.

Meskipun ada berbagai teori tentang fenomena ini, seperti peradangan kronis, namun belum ada informasi yang valid mengenai penyebab Long Covid-19.

Broadbent berpendapat bahwa lebih baik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Long Covid daripada fokus hanya pada individu yang kebal terhadap virus ini. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari gen yang membuat seseorang terus menderita penyakit ini berbulan-bulan setelah sembuh.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu