Rekomendasi Makanan Saat Flu

Musim hujan dapat meningkatkan risiko terkena flu. Beberapa makanan ini sangat cocok dikonsumsi ketika sedang flu dan dapat memberikan rasa hangat pada tubuh.

Sebenarnya, untuk menyembuhkan flu, tidak diperlukan banyak obat atau suplemen. Istirahat yang cukup menjadi obat terbaik saat flu.

Penting juga untuk menjaga tubuh terhidrasi dan memastikan asupan nutrisi yang cukup saat sedang flu. Konsumsi makanan bernutrisi dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat flu.

Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan saat terserang flu pada musim hujan:

  1. Sup Ayam: Sup ayam tidak hanya menjadi comfort food, tetapi juga memberikan asupan cairan dan nutrisi karena mengandung banyak sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein. Bawang putih dalam sup ayam dapat memperkuat imunitas dan mengatasi masalah pencernaan.
  2. Minuman Elektrolit: Minuman elektrolit membantu menjaga tubuh terhidrasi, terutama jika flu disertai demam. Air putih dan minuman elektrolit memberikan sodium dan potassium yang diperlukan tubuh.
  3. Teh Hijau: Teh hijau mengandung antioksidan tinggi, membantu melegakan saluran pernapasan. Menambahkan madu pada teh hijau dapat meredakan sakit tenggorokan dan batuk.
  4. Capcay: Capcay adalah tumisan aneka sayur yang kaya nutrisi. Sayuran di dalamnya, seperti wortel, kembang kol, dan brokoli, mengandung serat, protein, vitamin, dan asam folat.
  5. Buah dan Sayur: Buah dan sayur berwarna cerah, seperti paprika, jeruk, dan buah beri, mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan, seperti kacang polong, memberikan asupan protein dan dapat diolah menjadi sup.
  7. Soto: Soto dengan kunyit dan jahe dapat membantu menghangatkan tubuh dan mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam.
  8. Jus Jeruk: Jus jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Disarankan untuk mencampur jus jeruk dengan air untuk menghindari gula dan kalori berlebihan.
  9. Sup Labu: Sup labu kaya akan vitamin A, antioksidan litein, dan karoten. Selain menghangatkan tubuh, sup labu juga membantu menjaga kenyang lebih lama karena kandungan seratnya.

Semua makanan ini dapat menjadi pilihan yang nikmat saat sedang flu pada musim hujan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu