Rekomendasi Tanaman Untuk Bonsai

Bonsai adalah seni merancang pertumbuhan pohon dan tanaman dalam suatu wadah agar terlihat sangat indah, bahkan lebih memukau daripada yang tumbuh di alam liar. Oleh karena itu, membudidayakan bonsai bukan hanya merupakan hobi yang sangat artistik, tetapi juga sebuah seni tradisional Jepang yang dihargai. Menurut laporan dari web-japan.org dan thespruce.com, berikut adalah beberapa tanaman buah yang cocok untuk dijadikan bonsai:

  1. Ceri Berbunga Jepang

Pohon sakura secara tradisional dianggap sebagai simbol persahabatan, dan varietas seperti sakura berbunga Jepang juga menjadi pilihan indah sebagai bonsai. Pohon yang rontok ini tidak hanya cantik, tetapi juga mudah dibentuk karena cabang dan batangnya lentur.

Meskipun bonsai ceri dapat ditanam di dalam ruangan, mereka cenderung lebih baik tumbuh di luar ruangan, terutama pada bulan-bulan musim panas.

  1. Delima

Pohon delima dengan kulit kayu tebal, bunga mencolok, dan buah yang lebat, menjadikannya pilihan populer sebagai bonsai. Penampilannya yang keriput dan terkesan tua memberikan nilai estetika yang tinggi pada bonsai ini.

Bonsai delima dapat tumbuh sepanjang tahun di daerah beriklim hangat di luar ruangan atau ditanam di dalam ruangan selama beberapa bulan. Mereka perlu dilindungi dari suhu beku dan embun beku.

  1. Crabapple Berbunga

Sebagian besar spesies crabapple berbunga menghasilkan bonsai berbunga dan berbuah yang harum dan indah. Mereka mekar di musim semi dan berbuah di musim gugur. Menggoda untuk mencicipi buah apel kecil dari bonsai ini.

Ada banyak spesies crabapple yang cocok untuk bonsai, seperti ‘Sugar Tyme’ dengan bunga merah muda putih atau jenis menangis seperti ‘Red Jade’ dengan bunga putih yang indah.

  1. Maple Jepang

Maple Jepang, pohon daun keras terkenal dengan daun merah anggur atau hijau yang berubah warna di musim gugur. Kulit pohon yang muda berwarna hijau atau kemerahan, berubah menjadi abu-abu atau coklat seiring bertambahnya usia.

Penting bagi pecinta bonsai yang memiliki waktu terbatas, karena maple Jepang membutuhkan banyak air, terutama selama musim tanam. Penyiraman harian, bahkan beberapa kali sehari, mungkin diperlukan tergantung pada suhu.

  1. Ginseng

Ginseng ficus adalah spesies pohon bonsai tropis yang sangat cocok untuk pemula karena kekuatannya dan perawatannya yang mudah. Pohon berdaun lebar ini memiliki akar udara yang unik dan daun hijau tua berbentuk oval.

Ginseng ficus tidak memerlukan perawatan yang rumit dan tumbuh baik di dalam ruangan sebagai tanaman hias, karena dapat tumbuh subur dengan cahaya tidak langsung yang terang di iklim hangat.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu