Resmi Kemendikbud RI Sediakan Platform Pembelajaran, Gratis!

Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya meminimalisir penyebaran pendemi Covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tak terkecuali di Indonesia.

Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru berdampak pada psikologis dan kualitas keterampilan siswa.

Beban itu merupakan tanggung jawab semua elemen pendidikan khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan sekolah dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana mestinya Indonesia merencanakan, mempersiapkan, dan mengatasi pemulihan Covid-19, untuk menekan kerugian dunia pendidikan di masa mendatang.

Maka dari itu, Kementrian Pedidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah menyediakan sedikitnya 6 platform pembelajaran daring atau online yang dapat diakses oleh seluruh siswa di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud RI, berikut platform yang dapat diakses siswa untuk belajar di rumah dalam memerangi pandemi.

  1. Rumah Belajar

Rumah Belajar menyediakan alternatif sumber belajar daring dengan pemanfaatan teknologi yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis.

  1. IndonesiaX

Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX berkomitmen meningkatkan kecerdasan bangsa melalui penyediaan kursus daring gratis yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan pendidikan di negeri ini.

  1. Kelas Pintar

Kelas Pintar hadir sebagai salah satu media pendukung edukasi di era digital yang bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam memberlangsungkan pembelajaran jarak jauh  secara maksimal.

Dengan menghadirkan personalisasi dashboard untuk siswa, guru, dan orangtua, Kelas Pintar berisi materi kurikulum 2013 yang disajikan dengan interaktif. Kelas Pintar telah hadir di Singapura, UAE, India dan Afrika Selatan.

  1. Microsoft Office 365

Microsoft menyediakan layanan Office 365 yang dapat diakses oleh guru dan siswa secara gratis dan diperbarui secara realtime termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams, serta fitur ruang kelas lainnya. Guru dan siswa hanya perlu menyiapkan alamat email dengan domain sekolah.

  1. Quipper School

Quipper School menawarkan cara belajar inovatif untuk proses belajar mengajar. Platform ini mendukung guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah dengan lebih efektif. Sehingga, guru dapat mengenali kekuatan dan kelemahan siswa dengan mudah.

  1. Cisco Webex

Guru akan mengajar seperti biasa melalui video termasuk berbagi konten presentasi dan berinteraksi dengan papan tulis digital melalui layar komputer/smartphone.

Selain itu, Cisco Webex juga menyediakan ruang kelas digital berbasis messaging, sehingga guru dan murid dapat tetap berdiskusi dan berbagi materi melalui fitur grup chat di Cisco Webex Teams yang telah sediakan.

 

nti

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu