Respon Netizen Soal Pajak

Netizen marah setelah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa ada usulan untuk mengenakan pajak pada perjudian online. Sebelumnya, Budi mengungkapkan usulan pajak perjudian online tersebut ketika ditanya oleh Anggota Komisi I DPR RI, Christina Ariyani, dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta pada Senin (4/9).

Dalam pertemuan tersebut, Budi mengatakan, “Saya berdiskusi dengan banyak pihak yang mengusulkan untuk memajaki perjudian online ini. Mereka berpendapat bahwa sebaiknya kita mengenakan pajak pada perjudian ini untuk menjadikannya lebih transparan. Jika tidak, situasinya akan semakin kacau.”

Pada kesempatan yang berbeda, Menkominfo memperkirakan bahwa aliran uang yang “terbang ke luar negeri” melalui perjudian online mencapai US$9 miliar atau sekitar Rp150 triliun. Budi menyatakan, “Apakah kita akan membiarkannya begitu saja? Jika kita terus seperti ini, jumlahnya akan terus meningkat setiap tahun.”

Budi juga menyampaikan keprihatinannya bahwa mungkin saja ada pihak dari negara lain yang mendorong Indonesia untuk melarang perjudian di dalam negeri, sementara uangnya mengalir ke negara tersebut. Ia berpendapat bahwa sebagai bangsa, kita harus bersikap realistis.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyhari, mengatakan bahwa tidak ada persetujuan terhadap ide pajak perjudian online tersebut. Menurutnya, semua pihak sepakat bahwa perjudian online harus dilarang, dan yang lebih penting adalah bagaimana cara efektif untuk mencegahnya.

Reaksi ini juga mendapat protes di media sosial. Melalui akun pribadinya, Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, bahkan mempertanyakan mengapa tidak memajaki kasino, yang mayoritas pelanggannya adalah kalangan atas, daripada membebankan pajak pada perjudian online yang umumnya dimainkan oleh masyarakat kalangan bawah. Ia berpendapat bahwa perjudian online hanya akan membuat kalangan tersebut semakin miskin dan kehilangan harta yang sedikit yang mereka miliki.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu