Review Film “13 Bom Jakarta”

Review Film “13 Bom di Jakarta”: Kisah Aksi Terbesar yang Diangkat dari Kejadian Nyata
Film “13 Bom di Jakarta” menghadirkan aksi laga yang memukau, menjadi karya terbaru sutradara Angga Dwimas Sasongko. Merupakan film aksi terbesar di Indonesia, kisahnya terinspirasi dari peristiwa nyata terorisme yang melibatkan crypto exchange INDODAX pada tahun 2015.

Oscar Darmawan, CEO INDODAX, mengungkapkan bahwa pada awal pendirian INDODAX, mereka terlibat dalam kasus terorisme yang melibatkan peledakan bom di pusat perbelanjaan Jabodetabek. Para pelaku menuntut tebusan sebesar 100 Bitcoin.

Film ini mencerminkan pengalaman pribadi Oscar Darmawan yang tiba-tiba ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus tersebut. Empat bom dipasang oleh teroris, menyebabkan korban luka. Oscar Darmawan, dalam proses penyelidikan, dibantu oleh sejumlah pihak, termasuk Intel, Bareskrim Mabes Polri, dan Densus 88.

Pengangkatan kasus ini ke dalam sebuah film merupakan upaya INDODAX untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kripto. Oscar Darmawan menyatakan bahwa pada masa itu, ekosistem kripto masih dalam tahap awal dan menghadapi berbagai tantangan. Regulasi terkait kripto juga belum matang di Indonesia.

Ide pembuatan film ini muncul dari diskusi antara Oscar Darmawan dan sutradara Angga Sasongko pada tahun 2022. Mereka sepakat untuk berkolaborasi menciptakan film yang menceritakan bagaimana INDODAX membantu negara mengungkap kasus terorisme.

Dalam film ini, Chicco Kurniawan dan Ardhito Pramono memerankan tokoh Oscar Darmawan dan William Sutanto sebagai pendiri INDODAX yang terlibat dalam kasus terorisme yang diprakarsai oleh mantan militer bernama Arok. Arok meminta uang tebusan dalam bentuk Bitcoin melalui platform Indodax dengan ancaman meledakkan 13 bom di Jakarta jika tuntutan tidak terpenuhi.

Film “13 Bom di Jakarta” bukan hanya hiburan semata, tetapi juga merupakan kontribusi nyata INDODAX dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia. Selain film, INDODAX juga rutin menggelar festival film pendek terbesar di Indonesia, INDODAX Short Film Festival (ISFF), yang memfasilitasi sineas muda untuk berkreasi secara maksimal. Bagi para sineas yang ingin berpartisipasi dalam ISFF 2024, informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube INDODAX, serta situs web https://www.isff.indodax.com/.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu