Rizal Ramli Kanker Pankreas

Ekonom Senior Rizal Ramli Tutup Usia Akibat Kanker Pankreas Stadium 4
Ekonom senior Indonesia, Dr. Ir. Rizal Ramli, M.A., telah meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024, pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian ini diketahui menderita kanker pankreas stadium 4 dan menjalani perawatan intensif selama 2 bulan sebelum akhirnya berpulang.

Asisten Rizal Ramli, Tri Wibowo, menyampaikan bahwa sang ekonom tidak menyadari bahwa dirinya telah terjangkit kanker hingga akhirnya merasakan gejala yang menghantarkannya ke RSCM. Gejala kanker pankreas, menurut Klikdokter, biasanya tidak terlihat pada tahap awal. Gejala umum muncul saat telah terjadi penyumbatan pada saluran keluar cairan bilier, menyebabkan nyeri pada pasien.

Beberapa gejala yang sering diakui oleh penderita kanker pankreas antara lain sakit perut, penurunan berat badan, kuning pada kulit, anoreksia, mual, muntah, Courvoisier’s sign (kandung empedu membesar yang teraba pada pemeriksaan fisik), dan Trousseau’s syndrome (tromboplebtis).

Kanker pankreas, sebagai tumor ganas pada organ tersebut, memiliki tingkat kejadian lebih tinggi pada pria daripada wanita, terutama pada mereka yang berusia di atas 45 tahun.

Faktor Risiko dan Pencegahan Kanker Pankreas

Meski penyebab pasti kanker pankreas belum dapat dipastikan, beberapa faktor eksternal diyakini dapat memicu kondisi ini, termasuk merokok, obesitas, pola makan, dan konsumsi alkohol. Faktor genetik juga turut berperan dalam terjadinya kanker pankreas, dengan mutasi K-ras dan inaktivasi gen p16 sebagai kelainan yang sering teramati.

Diabetes juga diketahui menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker pankreas. Penderita diabetes yang telah didiagnosis selama dua tahun memiliki risiko dua kali lipat mengalami kanker pankreas.

Meskipun belum ditemukan metode pasti untuk mencegah kanker pankreas, gaya hidup sehat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini meliputi pola makan sehat dengan asupan sayur dan buah, menjaga berat badan ideal, dan menghindari kebiasaan merokok.

Kepergian Rizal Ramli menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan upaya pencegahan kanker pankreas dalam masyarakat. Semoga beliau beristirahat dengan tenang.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu