Rupiah Terkini 22/01/2024

Nilai tukar rupiah pada perdagangan Senin (22/1) dibuka pada posisi Rp15.618 per dolar AS, menunjukkan pelemahan sebesar 2 poin atau 0,02 persen dari posisi sebelumnya. Meskipun demikian, pergerakan mayoritas mata uang di kawasan Asia terlihat bervariasi. Beberapa mata uang menguat, seperti won Korea Selatan yang naik 0,46 persen, baht Thailand yang menguat 0,21 persen, dan dolar Singapura yang menguat 0,06 persen. Namun, ada juga mata uang yang mengalami pelemahan, seperti peso Filipina yang turun 0,32 persen dan ringgit Malaysia yang mengalami penurunan 0,02 persen.

Sementara itu, yen Jepang menguat 0,15 persen dan dolar Hong Kong menguat 0,01 persen. Di sisi lain, mata uang dolar Kanada melemah 0,01 persen. Dalam konteks mata uang negara maju, mayoritas dari mereka terpantau bergerak dalam zona hijau. Poundsterling Inggris menguat 0,04 persen, dolar Australia menguat 0,03 persen, euro Eropa naik 0,03 persen, dan franc Swiss menguat 0,02 persen. Hanya dolar Kanada yang mengalami pelemahan sebesar 0,01 persen.

Menyikapi kondisi ini, analis pasar uang, Lukman Leong, memproyeksikan bahwa rupiah memiliki potensi untuk menguat terhadap dolar AS, terutama setelah data menunjukkan penjualan rumah turun ke tingkat terendah dalam 13 tahun. Meskipun demikian, Leong menyoroti bahwa penguatan rupiah mungkin akan terbatas mengingat adanya survei Michigan yang menunjukkan sentimen konsumen yang kuat, serta pernyataan hawkish dari The Fed Daily.

Leong menyatakan pendapatnya kepada CNNIndonesia.com bahwa, “Walau demikian, penguatan akan terbatas mengingat survey michigan yang menunjukkan sentimen konsumen yang kuat serta pernyataan hawkish dari The Fed Daily.” Oleh karena itu, ia memproyeksikan bahwa rupiah akan bergerak di kisaran Rp15.550 sampai Rp15.650 per dolar AS pada hari tersebut.

Dalam menyikapi dinamika nilai tukar rupiah, perhatian terhadap faktor-faktor seperti data ekonomi dan kebijakan bank sentral menjadi kunci untuk memahami arah pergerakan mata uang dan mengambil keputusan investasi yang tepat.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu