Samsung S24 Ultra Zoom

Samsung Galaxy S24 Ultra: Inovasi Kamera Periskop dengan Zoom 5x yang Lebih Sesuai Kebutuhan
Pada pertengahan Januari 2024, Samsung resmi memperkenalkan ponsel terbarunya, Galaxy Note 24 Ultra, yang menggantikan Galaxy S23 sebagai ponsel teratas perusahaan. Ponsel ini hadir dengan berbagai peningkatan dan fitur baru, salah satunya terdapat pada sektor kamera.

Perubahan signifikan terjadi pada kamera periskop (telephoto kedua) yang sebelumnya memiliki resolusi 10 MP, kini ditingkatkan menjadi 50 MP. Namun, menariknya, tingkat zoom dari kamera telephoto kedua justru berkurang dari 10x menjadi 5x. Mengapa hal ini terjadi?

Menurut Blake Gaiser, Director Product Management Samsung Electronics America, keputusan ini didasarkan pada riset internal Samsung terkait kebiasaan pengguna Galaxy S23. Riset tersebut menunjukkan bahwa pengguna lebih sering menggunakan tingkat zoom optis 3x hingga 5x, daripada zoom 10x. Oleh karena itu, Galaxy S24 Ultra disesuaikan dengan memberikan kamera zoom 5x dengan resolusi tinggi mencapai 50 MP.

Meskipun tidak lagi memiliki tingkat zoom optis 10x, Galaxy S24 Ultra masih menyediakan opsi zoom 10x di dalam aplikasi kamera. Teknik ini menggunakan kamera telephoto 5x dengan melakukan cropping atau pengambilan gambar hanya dari bagian tengah, menjadikan hasilnya mirip dengan optical zoom 10x. Meski resolusi foto dari opsi zoom 10x hanya 12 MP, gambar tetap tajam berkat resolusi awal yang tinggi.

Teknik cropping ini memang tidak baru dan telah diterapkan oleh ponsel lain seperti iPhone 15 Pro Max dan Pixel 8 Pro. Samsung menerapkan konsep serupa dengan mengganti kamera telephoto 10x menjadi 50 MP 5x, yang selain sesuai dengan kebutuhan pengguna juga mengurangi jumlah kamera di Galaxy S24 Ultra.

Selain itu, transisi tingkat zoom pada Galaxy S24 Ultra menjadi lebih halus dan gradual. Dibandingkan dengan pendahulunya yang melompat dari 3x ke 10x, Galaxy S24 Ultra menggunakan kamera telephoto 3x untuk menangani zoom yang lebih pendek, sementara sisanya ditangani oleh kamera telephoto baru 50 MP 5x. Hal ini membuat kualitas foto pengguna menjadi lebih konsisten di berbagai tingkat zoom.

Kelebihan lain dari kamera telephoto 50 MP 5x di Galaxy S24 Ultra adalah aperture yang lebih lebar di angka f/3.4, menjadikannya lebih handal dalam kondisi low-light dibandingkan dengan kamera telephoto 10x sebelumnya yang memiliki aperture f/4.9.

Dengan demikian, meskipun terjadi penurunan nominal pada tingkat zoom optis, Galaxy S24 Ultra sebenarnya memberikan peningkatan yang signifikan pada pengalaman fotografi pengguna, terutama bagi mereka yang lebih sering menggunakan zoom 5x daripada zoom 10x.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu