Selamat! Sejumlah Daerah Jateng Turun Level PPKM, Saatnya Uji Coba Obwis!

Sejumlah wilayah Jawa Tengah berhasil turun level PPKM. Ganjar Pranowo mewanti-wanti warganya senantiasa jaga protokol kesehatan.

“Kita senang karena beberapa level menurun di beberapa kabupaten/kota. Ini akan menumbuhkan optimisme pada yang lain. Tapi sekali lagi prokesnya harus tetap ketat karena kita harus lari sampai finish dengan aman,” ungkap Ganjar dalam keterangan tertulis, pada Selasa (31/8/2021).

Ganjar tidak menginginkan usai turun level, Jateng menjadi lengah dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Ganjar mengungkap bahwa dirinya memantau jalannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dikhawatirkan prokes tidak dijalankan dengan semestinya.

“Jangan sampai menjelang finish ini ada gangguan-gangguan karena ketidakdisiplinan kita. Ini yang musti kita siapkan. Makanya ini yang hari ini kita pantau, umpama bagaimana pelaksanaan PTM di sekolah, itu kan sudah bagus,” ungkap Ganjar.

Terkait pembukaan objek wisata (obwis), kata Ganjar, pengelola mesti lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membukanya.

“Tadi juga sudah mulai banyak yang bertanya statusnya turun, pariwisata boleh tidak? Silakan diuji coba dulu untuk dibuka. Kita cenderung untuk lebih menyiapkan saja agar adaptasi kebiasaan barunya nanti bisa berjalan,” tuturnya.

“Baik juga kalau kemudian dilakukan sidak-sidak untuk cek atau pemasangan CCTV di tempat keramaian karena ini bisa dilakukan kontrol dengan cepat agar melakukan perbaikan seandainya terjadi situasi tidak disiplin,” imbuh Ganjar.

Diketahui, PPKM Jawa Tengah yang diperpanjang hingga 6 September 2021 ini, dari 35 Kabupaten/Kota, 12 daerah dikategorikan masuk level 2 dan 21 daerah duduk pada level 3. Sedangkan, daerah yang masih setia pada level 4, yakni ada dua daerah, Kabupaten Purworejo dan Kota Magelang.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu