Semarang Jadi Tuan Rumah Festival HAM Indonesia

SMID-Semarang Jadi Tuan Rumah Festival HAM Indonesia

Festival Hak Asasi Manusia (HAM) rencananya akan di gelar pada 15-19 November 2021, Kota Semarang menjadi kota terpilih yang dipercaya untuk dapat menjadi tempat penyelenggaraan acara tersebut.

Terpilihnya Kota Semarang menjadi tuan rumah perayaan akbar tersebut bukan menjadi perkara yang mudah. Untuk dapat terpilih sebagai penyelenggara Semarang harus menyisihkan 10 kabupaten/kota di Indonesia yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Festival HAM ke-8. Hal tersebut di ungkapakan oleh Ahli Utama Kantor Staf Presiden Bidang HAM, Siti Ruhaini Dzuhayatin, (30/3) setelah selesai preskonferen Festival HAM yang bertempat di Balai Kota Semarang.

Siti memaparkan bahwasanya proses pemilihan Kota Semarang sebagai tuan rumah dilakukan dengan kompetitif. Tercatat, ada 10 kabupaten/kota yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Festival HAM ke 8.

“Kami dari Staf Presiden, Komnas HAM dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) secara ketat menyeleksi portofolio, catatan-catatan praktek baik serta penyelesaian soal HAM. Kami menyoroti permasalahan pembangunan Gereja di Telogosari, soal keyakinan di sekolah serta perbaikan infrastruktur. Nampaknya yang paling oke, ya kota Semarang,” ucap Siti.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya juga tertarik dengan konsep kampung tematik Kampung Demokrasi Pancasila serta konsep Jogo Tonggo yang diterapkan dengan sangat baik oleh Pemerintah Kota Semarang.

“Kami melihat banyak hal baik di Kota Semarang, harapannya dengan kota Semarang sebagai tuan rumah bisa diseminasi dan diimplementasikan di kota-kota lain tidak hanya secara nasional bahkan Internasional,” ucap Siti.

Menangapi perihal tersebut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa dengan terpilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah Festival HAM yang diselenggarakan pada 15-19 November 2021 nantinya, dirinya¬† akan mulai mempersiapkan secara matang berbagai keperluan untuk acara tersebut, dari mempersiapkan lokasi, akomodasi dan menyiapkan beberapa tempat yang bisa dijadikan ‘role model’ dan lokasi sharing penerapan HAM di Kota Semarang.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu