Semarang Kembali Meraih Penghargaan PPD Jateng

SMID-Semarang Kembali Meraih Penghargaan PPD Jateng

Kota Semarang kembali meraih penghargaan sebagai kota terbaik pertama dalam Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2021 di Provinsi Jawa Tengah, Rabu (14/4).

Penghargaan kota terbaik pembangunan daerah tersebut merupakan ketiga kalinya secara berturut-turut yang didapatkan oleh Kota Semarang pada era kepemimpinan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Sebelumnya pada tahun 2019 dan 2020 Kota Semarang juga meraih penghargaan yang sama, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

Usai menerima penghargaan tersebut, Walikota Semarang yang punya panggilan akrab Hendi itu memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas penilaian yang telah diberikan kepada wilayah yang dipimpinnya.

“Sekarang ini yang  terpenting adalah mengawal teman-teman OPD dalam merealisasikan pekerjaan yang telah direncanakan. Untuk evaluasi program pembangunan pasca Covid ini adalah mengungkit daya ekonomi seperti UMKM, properti dan konstruksi,” ungkap Hendi di Gedung Grhadika Bhakti Praja.

Hendi memaparkan bahwa ada sebanyak tiga kriteria dalam penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tersebut, antara lain pertama aspek pencapaian pembangunan yang meliputi pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan, IPM, ketimpangan, kualitas pelayanan publik, serta keamanan dan ketertiban.

Kriteria selanjutnya adalah perihal pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas, serta capaian pembangunan spesifik daerah, yang meliputi aspek-aspek Kualitas Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), meliputi proses penyusunan RKPD dan keterlibatan stakeholders serta aspek Inovasi daerah.

Namun khusus untuk tahun PPD 2021, penilaian juga meliputi kebijakan yang diambil setiap daerah dalam masalah penanganan COVID-19.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu