Serial Netflix Bertema Game Ini Dituding Plagiat

Serial Squid Game dituding plagiat film Jepang berjudul As The Gods Will. Tudingan itu muncul setelah warganet mengunggah gambar potongan adegan serial tersebut yang diduga meniru film Jepang yang dirilis pada 2014 itu.

Seperti diberitakan NME pada Rabu (22/9), penonton menyadari kesamaan jalan cerita serial Korea dan film Jepang itu yakni pertandingan bertahan hidup menggunakan permainan masa kecil.

Di sisi lain, mereka juga menyoroti teknik pengambilan gambar Squid Game yang dirasa mirip dengan As The Gods Will.

Salah satu kemiripan yang ditunjukkan netizen terletak di episode pertama Squid Game yang bertajuk Red Light, Green Light.

Episode itu menampilkan awal dari 456 orang yang terlilit utang dikumpulkan di satu lokasi dan ditawarkan bermain gim untuk melunasi utangnya. Mereka kemudian memainkan gim pertama yakni Red Light, Green Light.

Netizen menyoroti pengambilan gambar close-up robot boneka raksasa dalam Squid Game yang sedang berjaga dalam gim itu. Kemudian, adegan perhitungan mundur jam di tengah permainan.

Namun, Sutradara Hwang Dong-hyuk sempat mengatakan sudah menyiapkan Squid Game sejak 2008. Hal itu disampaikan menanggapi pertanyaan kesamaan Squid Game dengan film dan serial yang telah tayang sebelumnya.

“Setelah debut lewat My Father (2007), saya membawa banyak komik dan sangat tertarik dengan permainan bertahan hidup. Saya mencoba membuatnya dalam versi Korea,” kata Hwang Dong-hyuk.

“Saya mulai coba membuat pada 2008 dan menyelesaikan naskah pada 2009,” ucapnya seperti dilansir Korea Herald pada Kamis (16/9).

Ia mengatakan kala itu sulit untuk mendapatkan investor dan para pemain untuk membintangi cerita yang ia buat. Menurutnya, ide ceritanya kala itu belum begitu diterima, terutama mengenai kekejaman yang brutal di dalamnya.

“Saya jadi harus menyimpan naskah itu. Tapi, tidak seperti 2009, sudah banyak orang tertarik dengan naskah itu. Saya memutuskan untuk mengembangkan naskah awal itu menjadi serial Netflix,” kata Hwang Dong-hyuk.

Squid Game berhasil menduduki peringkat ketiga dalam 10 besar serial secara global di Netflix. Drama yang dibintangi Lee Jung-jae ini meraih skor 562 poin.

Dikutip dari laman Insight Korea pada Selasa (21/9), dengan perolehan tersebut kini Squid Game saat ini menjadi drama Korea dengan skor tertinggi di Netflix. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari perolehan Sweet Home.

Perolehan skor Squid Game bahkan mengalahkan serial Money Heist yang menjadi salah satu serial populer di Netflix. Serial Sex Education jadi yang terbaik dengan raihan 800 poin.

Serial Squid Game memiliki sembilan episode dan bisa disaksikan di Netflix.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu