Sesama Youtuber Ini Saling Tuduh, Dalang Pembunuhan Ustaz

Seorang warga Batang, Jawa Tengah, mengadukan salah seorang YouTuber ke Polda Jawa Tengah. Pengaduan terkait hoax yang menyebut dirinya dalang pembunuhan ustaz Syekh Ali Jaber dan ustaz Maheer At-Thuwailibi.

Pelapor yakni Nofi Faryanto yang juga aktif di media sosial dengan sebutan Gus Arya dengan subscriber 71 ribu orang ini. Gus Arya bersama kuasa hukumnya mengadukan Youtuber berinisial TIJ yang memiliki subscriber 508 ribu orang itu, ke Dit Reskrimsus Polda Jateng. Dalam aduan itu, Gus Arya merasa difitnah soal dalang pembunuhan ustaz.

“Saya dituduh menjadi dalang pembunuhan almarhum Ustaz Syekh Ali Jaber dan Ustaz Maheer At-Thuwailibi,” kata Gus Arya di kantor Dit Reskrimsus Polda Jateng, Kamis (30/9/2021).

Gus Arya mengatakan, fitnah dari YouTuber berambut gondrong itu berimbas pada datangnya intimidasi baik lewat media sosial maupun telepon. Gus Arya pun mengkhawatirkan keselamatan dirinya dan keluarganya.

“Dengan fitnah itu saya sangat resah dan beberapa intimidasi datang ke kami banyak sekali. Saya diadu domba dengan umat,” ujarnya.

Dia pun mengakui sudah saling berbalas lewat video YouTube di akun masing-masing. Gus Arya mengaku sudah berupaya tabayun langsung dan meminta mediator dari kepolisian. Namun hal itu belum terlaksana.

“Saya tidak kenal dia. Ya tahunya di YouTube itu,” katanya.

Kuasa hukum Gus Arya, Damirin, menambahkan kliennya merasa tertekan karena adanya intimidasi dari fitnah yang disebarkan itu. Pihaknya pun memutuskan membuat pengaduan sebelum melaporkan kasus ini. Aduan tercatat dalam surat tanda penerimaan aduan bernomor STPA/632/IX/2021/Reskrimsus.

“Barang bukti yang disampaikan bukti rekaman yang ada di Youtube sudah kita download dan sampaikan,” kata Damirin.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy menjelaskan aduan akan diterima terlebih dahulu. Jika buktinya lengkap akan ditindak lanjuti.

“Laporan baru hari ini ya diterima dulu. Kalau ada bukti cukup ya ditindak lanjuti,” kata Iqbal.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu