Setahun, Satpol PP Semarang Temukan 300 Manusia Silver

Satpol PP Kota Semarang mengaku akan terus menggencarkan razia terhadap manusia silver yang dirasa mengganggu ketertiban umum. Bahkan selama tahun 2021 ini, Satpol PP Kota Semarang telah menjaring sekitar 300 manusia silver dalam operasi penegakan peraturan daerah (perda).

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan penertiban dan penindakan terhadap manusia silver itu mengacu pada penegakan Peraturan Daerah (Perda) No. 5/2014.

Namun karena belum tersedianya tempat rehabilitasi sosial atau rumah singgah di Kota Semarang, maka manusia silver yang terjaring razia itu pun kerap kembali ke jalan.

Tak hanya 300 manusia silver, Fajar mengaku selama pandemi jumlah pengemis, gelandangan, dan orang terlantar (PGOT) yang terjaring razia Satpol PP Kota Semarang mengalami peningkatan.

Meski demikian, Fajar mengklaim jika kebanyakan PGOT yang tertangkap itu bukan berasal dari Kota Semarang, tapi dari luar daerah.

“Semarang itu sebenarnya kota bersih se-Asia Tenggara. Penindakan perda kita lakukan dengan tegas, namun humanis. Sayangnya, belum ada tempat singgah, jadi banyak dari mereka [yang tertangkap] kembali ke jalan,” ujar Fajar.

Fajar menambahkan, setelah terjaring razia, PGOT dan manusia silver itu mendapat pembinaan di Kantor Satpol PP Kota Semarang. Mereka kemudian diminta menandatangani surat pernyataan untuk tdak lagi kembali ke jalan.

Namun, banyak di antara mereka yang tidak menjalankan kesepakatan itu. Oleh karenanya, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) agar menyiapkan tempat rehabilitasi bagi PGOT maupun manusia silver yang tertangkap razia.

“Kedepan kita koordinasikan ke Dinsos agar menyiapkan tempat rehabilitasi. Memang beberapa kali kita temui manusia silver yang pensiunan. Namun, kita tegaskan tidak tebang pilih,” tegas Fajar.

Keberadaan manusia silver di Kota Semarang memang menyita perhatian publik belakangan ini. Bukan hanya karena jumlah manusia silver yang banyak terjaring razia di Kota Semarang, yakni 300 orang. Namun juga terkait video viral penangkapan manusia silver yang ternyata pensiunan polisi.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu