Setelah Makan Siang Lakukan Hal Ini

Setelah makan siang merasa mengantuk? Anda tidak sendiri. Agar tubuh tetap bugar setelah makan siang, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Jam istirahat makan siang seringkali dinantikan selama bekerja, memungkinkan kita untuk menyantap bekal sambil berbincang dengan rekan kerja.

Namun, seringkali setelah makan siang, tubuh cenderung lemas dan mengantuk, membuat sulit untuk kembali fokus bekerja. Untuk mengatasi rasa kantuk ini, beberapa langkah dapat diambil.

1. Hindari berbaring setelah makan siang. Meskipun keinginan untuk rebahan sering muncul, disarankan untuk tetap berdiri atau duduk agar makanan tetap berada di lambung dan dapat bergerak ke usus. Rebahan dapat menyulitkan pencernaan dan berpotensi membuat makanan kembali ke esofagus.

2. Lakukan jalan kaki selama 10-15 menit. Aktivitas ringan ini dapat membantu mempercepat pencernaan, mengurangi kembung, dan ketidaknyamanan di perut. Udara segar juga dapat meningkatkan semangat.

3. Peregangan ringan setelah makan siang dapat meredakan ketidaknyamanan di perut dan mendukung pencernaan makanan. Tidak perlu melakukan peregangan rumit, cukup gerakan yang sederhana.

4. Konsumsi probiotik, seperti yogurt, setelah makan besar dapat membantu proses pencernaan.

5. Gosok gigi setelah makan siang disarankan untuk mencegah penumpukan sisa makanan di sela gigi yang dapat menyebabkan bau mulut dan memicu rasa lapar yang tidak perlu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan dapat menjaga tubuh tetap segar dan meningkatkan kinerja setelah makan siang.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu